News
·
24 Februari 2021 11:52

Dinkes Kalbar Tes Swab Guru dan Murid yang Ikut Sekolah Tatap Muka

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
Dinkes Kalbar Tes Swab Guru dan Murid yang Ikut Sekolah Tatap Muka (51233)
Ilustrasi corona. Foto: Shutterstock
Hi!Pontianak - Satgas COVID-19 Kalimantan Barat melakukan pemeriksaan swab PCR dan rapid test antigen terhadap guru dan murid di beberapa sekolah di Pontianak.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut dilakukan untuk persiapan pembelajaran tatap muka, serta memantau penyebaran virus corona di lingkungan sekolah.
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson mengatakan pihaknya saat ini sedang melakukan pemeriksaan di SMA Negeri 4 Pontianak dan SMA Muhammadiyah 1 Pontianak.
“Jadi seluruh guru di SMK/SMA Negeri kita lakukan swab PCR. Dari populasi muridnya kira lakukan swab rapid antigen dan kita lakukan kepada murid yang mengikuti pembelajaran tatap muka, ini untuk mengetahui data awal keterjangkitan, mudah-mudahan tidak ada keterjangkitan,” papar Harisson, Rabu, 24 Februari 2021.
Dinkes Kalbar Tes Swab Guru dan Murid yang Ikut Sekolah Tatap Muka (51234)
Seorang pelajar ikut tes swab yang dilakukan Satgas COVID-19 Kalbar. Foto: Dok Hi!Pontianak
Jika ada guru atau pun murid yang positif corona, maka pihaknya akan melakukan isolasi dan evaluasi terkait kelanjutan sekolah tersebut.
“Kalau ada yang positif kita minta isolasi dan dilarang berkegitan dalam 14 hari. Kabupaten lain juga kita lakukan swab PCR dan rapid test Antigen. Kita sedang meminta data untuk Kabupaten Kota,” jelasnya.
ADVERTISEMENT
Harisson juga mengatakan, pihak sekolah sudah memiliki kader untuk memantau protokol kesehatan yang dijalankan, sehingga pembelajaran tatap muka dapat berjalan dengan aman dan lancar.
“Kalau di sekolah sudah punya kader disiplin protokol kesehatan, mereka dilatih oleh TNI untuk memantau pengawasan protokol kesehatan di sekolah-sekolah,” imbuhnya.