News
·
17 September 2019 13:08

Dua Orang Utan Korban Karhutla di Kalimantan Barat Dievakuasi

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
Dua Orang Utan Korban Karhutla di Kalimantan Barat Dievakuasi (351694)
Kawasan hutan yang terbakar di Kabupaten Ketapang. Foto: Dok. BKSDA Kalbar
Hi!Pontianak - Dua ekor orang utan yang terjebak di kawasan karhutla diselamatkan oleh tim Satgas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat dan Yayasan IAR, di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, Minggu (15/9).
ADVERTISEMENT
Dampak kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah Kalbar tak hanya dirasakan oleh masyarakat, namun juga dirasakan oleh individu orang utan yang tinggal di hutan-hutan Kalimantan.
Kepala BKSDA Kalbar, Sadtata Noor Adirahmanta, mengatakan orang utan yang berhasil dievakuasi petugas merupakan orang utan yang terjebak di tengah kebakaran yang melanda di Kabupaten Ketapang.
Dua Orang Utan Korban Karhutla di Kalimantan Barat Dievakuasi (351695)
BKSDA Kalbar dan IAR mengevakuasi individu orang utan yang terjebak di kawasan Karhutla di Kabupaten Ketapang. Foto: Dok BKSDA Kalbar
"Karhutla yang terjadi di Kalbar sudah pasti berdampak pada kelangsungan hidup orang utan. Bahkan bukan hanya orangutan. Beberapa hari yang lalu, kami sudah mengevakuasi dua ekor orang utan bersama dengan IAR di wilayah seksi 1. Saat ini masih di pusat penyelamatan orangutan IAR, untuk selanjutnya akan direlokasi," ungkap Sadtata, kepada Hi!Pontianak, Selasa (17/9).
Ia melanjutkan, dengan kebakaran yang terjadi di Kabupaten Ketapang saat ini pihaknya mengatakan masih ada orang utan bahkan satwa liar lainnya yang terjebak di hutan tersebut.
ADVERTISEMENT
"Dengan tingkat kebakaran seperti sekarang ini, kemungkinan besar masih ada satwa yang terjebak. Bahkan bukan hanya orang utan saja. Tim kami bersama beberapa mitra dalam posisi siaga, dan juga melakukan pemadaman di kawasan tersebut," ungkap Sadtata. (hp8)