kumparan
KONTEN PUBLISHER
30 April 2019 18:39

Gerhana Matahari Cincin Akan Terjadi di Singkawang, 26 Desember 2019

gerhana matahari cincin.jpg
Gerhana Matahari Cincin. Foto: Wikimedia Commons
Hi!Pontianak - Gerhana matahari cincin akan terjadi kembali di atas langit Kalimantan Barat. Pada 26 Desember 2019 nanti, gerhana matahari cincin akan dapat dilihat di wilayah Kota Singkawang, dan Pemangkat, Kabupaten Sambas.
ADVERTISEMENT
Sejumlah daerah di wilayah Kalimantan Barat, juga bisa menyaksikan gerhana ini, namun tidak berbentuk cincin, alias gerhana matahari sebagian.
Puncak gerhana matahari cincin akan terjadi pukul 12.42 hingga 12.44 WIB. Namun, gerhana pertama akan terjadi mulai pukul 10.43, dan berakhir pada 14.31.
Ketika dikonfirmasi, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Pontianak, Muzirwan, membenarkan hal itu. "Iya betul, informasinya akan terjadi gerhana matahari cincin pada 26 Desember di atas langit Kalimantan Barat, tepatnya berada di atas Kota Singkawang," kata Muzirwan, saat dihubungi tim Hi!Pontianak, Selasa (30/4).
Muzirwan menambahkan, pekan depan, pihaknya telah menjadwalkan untuk bertemu Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, untuk membicarakan hal itu. "Harapan kita, bagaimana fenomena alam ini bisa menjadi daya tarik pariwisata, khususnya bagi Kota Singkawang," katanya.
WhatsApp Image 2019-04-30 at 18.45.21.jpeg
Aktivitas warga di Vihara Tri Dharma Bumi Raya, Singkawang, Kalimantan Barat. Foto: Daddy Cavalero
Sejumlah paket wisata pun telah dijual oleh para agen perjalanan. "Saya sudah ada empat orang yang booking untuk perjalanan ke Singkawang, akhir Desember 2019 nanti, untuk menyaksikan gerhana matahari total di Singkawang. Mudah-mudahan nanti cuacanya bagus, tidak mendung," ungkap Teguh Panglima, seorang pemandu wisata.
ADVERTISEMENT
Dari informasi yang dihimpun tim Hi!Pontianak, selain di Singkawang, sejumlah wilayah di Indonesia juga dilintasi oleh gerhana matahari cincin yang terjadi pada 26 Desember 2019 mendatang, antara lain di Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, dan Riau. (hp8)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan