kumparan
25 Oktober 2019 14:09

Jadi Wakil Menteri Termuda, Ini 5 Fakta Angela Tanoesoedibjo

zzzb6exsl4smy4xbawjr9wo.jpg
Angela Tanoe tiba di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019). Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Hi!Pontianak - Putri sulung Ketua Umum Partai Perindo sekaligus pemilik MNC Grup, Hary Tanoesoedibjo bernama Angela Herliani Tanoesoedibjo, mendadak menjadi sorotan publik lantaran kedatangannya ke Istana Negara, Jakarta, pagi tadi, Jumat (25/10). Angela Herliani Tanoesoedibjo ditunjuk sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Kabinet Indonesia Maju.
ADVERTISEMENT
Perempuan kelahiran tahun 1987 itu merupakan anak sulung dari lima bersaudara pasangan Hary Tanoesoedibjo dan Liliana Tanoesoedibjo. Sebelum resmi dilantik sebagai pendamping Wishnutama untuk membangun destinasi wisata Indonesia, Angela merupakan Komisaris Media Nusantara Citra dan Wakil Direktur RCTI dan GTV.
Dunia politik pun bukan hal yang baru bagi Angela, sebab dalam pemilihan umum legislatif 2019, Angela maju sebagai caleg dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dengan Dapil Jatim I, Surabaya-Sidoarjo.
Selain fakta di atas, berikut ini fakta menarik Angela Tanoe salah satu nama yang ditunjuk sebagai Wakil Menteri (Wamen) dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 :
1. Menyelesaikan Pendidikan di Luar Negeri
Angela Tanoesoedibjo, Wakil Menteri Jokowi
Calon Wakil Menteri Pariwisata Angela Tanoesoedibjo usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019). Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Angela menempuh sekaligus menyelesaikan pendidikan di beberapa universitas ternama di luar negeri. Di antaranya Bachelor of Arts in Communication di The University of Technology Sydney tahun 2008 dan Master of Commerce (Finance) di The University of New South Wales, Australian School of business tahun 2010.
ADVERTISEMENT
2. Penerus Usaha Sang Ayah
POTRAIT, Angela Tanoe, Istana Kepresidenan
Angela Tanoe tiba di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019). Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Setelah lulus dari universitas, Angela melanjutkan berkarier di Indonesia dan berpengalaman di berbagai perusahaan bisnis sang ayah. Angela memulai karier sebagai staf keuangan di MNC Group. Hingga di tahun 2012, ia dipercaya menjadi Co-Managing Director di MNC Channel bersama Lala Hamid. Dalam kurun waktu 1,5 tahun, Angela telah melahirkan lebih dari 10 saluran baru dan re-branding beberapa saluran lama.
Selain itu, dia juga menjabat sebagai Direktur PT Media Nusantara Citra (MNC) sejak 2016 hingga saat ini. Tak hanya itu, dia memegang posisi sebagai Managing Director PT Global Informasi Bermutu (GTV) sejak 2014 hingga sekarang. Angela juga memegang peran posisi Direktur di PT Megah Group sejak Januari 2013 hingga sekarang. Dia terlibat sejak awal mengawasi manajemen sehari-hari perusahaan fashion ritel dengan dua tokoh sebagai portofolionya.
ADVERTISEMENT
3. Seorang Istri dan Ibu Dua Anak
Sebagai seorang pembisnis dan wanita karier, Angela Tanoesoedibjo juga merupakan seorang istri dan ibu. Dia menikah dengan Michael Dharmajaya pada tahun 2012. Keduanya pun dikaruniai dua orang anak, yakni bernama Theodore Maximilian Dharmajaya dan dan Madeline Dharmajaya.
4. Memiliki Lingkaran Pertemanan Selebritis
Memiliki karier di dunia media dan entertainment membuat Angela dekat dengan beberapa artis papan atas Indonesia. Melalui media sosial pribadinya, Angela pernah mengunggah foto bersama artis, seperti Jessica Iskandar, Raffi Ahmad, Iis Dahlia dan yang lainnya. Selain itu dirinya juga pernah menghadiri acara ulang tahun anak ketiga Nia Ramadhani, Magika Bakrie.
5. Pencetus HighEnd Magazine dan HighEnd Teen Magazine
POTRAIT, Angela Tanoesoedibjo, Wakil Menteri Jokowi
Calon Wakil Menteri Pariwisata Angela Tanoesoedibjo usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019). Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay.
Selain dunia politik, pengalaman kepemimpinan dan kematangannya di dunia usaha tidak perlu diragukan lagi. Pada tahun 2008, 2 tahun sebelum lulus kuliah, Angela menjadi salah satu pencetus dan menjadi Editor in Chief dari HighEnd Magazine dan HighEnd Teen Magazine.
ADVERTISEMENT
HighEnd dan HighEnd Teen adalah nama majalah yang berasal dari Indonesia yang pertama kali diterbitkan pada tahun 2008 dan diterbitkan oleh PT MNI Entertainment. Majalah ini diterbitkan dalam Bahasa Inggris.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan