Food & Travel
·
12 November 2020 11:21

Kenali 5 Tanda Tubuh Kurang Konsumsi Sayuran

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
Kenali 5 Tanda Tubuh Kurang Konsumsi Sayuran (2595)
Ilustrasi sayuran. Foto: Shutterstock/Prostock-studio
Kenali 5 Tanda Tubuh Kurang Konsumsi Sayuran
Hi!Pontianak - Beberapa orang sangat menghindari makan sayuran, alasan yang paling sering diungkapkan adalah karena rasa sayuran tidak enak. Padahal, sayuran berperan sangat penting untuk kesehatan tubuh.
ADVERTISEMENT
Tubuh membutuhkan asupan seperti vitamin, mineral dan serat yang kebanyakan berasal dari mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Apakah tubuhmu sudah cukup mengonsumsi sayuran?
Seorang Dokter Estetika, dr. Dina, M. Biomed (AAM), dalam unggahan video di media sosialnya menyebutkan 5 tanda tubuh kurang mengonsumsi sayuran. Berikut di antaranya:
1. Sembelit atau Susah BAB
Hal yang satu ini cukup sering ditemukan di kehidupan sehari-hari, sembelit atau susah BAB. Kurang mengonsumsi sayuran akan rentan mengalami sembelit atau susah BAB karena tubuh kekurangan asupan serat. Kamu bisa mulai mengonsumsi sayuran agar pencernaanmu lancar.
Kenali 5 Tanda Tubuh Kurang Konsumsi Sayuran (2596)
Ilustrasi brokoli. Foto: Pixabay
2. Cepat Lapar
Biasanya, tubuh akan cepat lapar karena kurangnya jumlah asupan serat pada makanan. Kandungan serat yang terdapat pada sayuran akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Kamu boleh menambahkan kacang-kacangan untuk menyeimbangkan asupan serat.
ADVERTISEMENT
3. Berat Badan Mudah Naik
Karena kurang mengonsumsi sayuran, biasanya beberapa orang akan cenderung makan makanan yang kurang sehat seperti makanan yang digoreng. Hasilnya, berat badan akan lebih mudah naik dibandingkan dengan orang yang sering mengonsumsi sayuran.
Kenali 5 Tanda Tubuh Kurang Konsumsi Sayuran (2597)
com-Ilustrasi sayuran segar. Foto: Shutterstock
4. Mudah Memar
Vitamin C merupakan zat yang dapat membantu penyembuhan dan produksi kolagen. Jika tubuh kurang mengonsumsi sayuran, maka tubuh akan kekurangan vitamin C yang dapat meningkatkan resiko memar berlebihan dikulit atau pembuluh darah yang mudah pecah.
5. Mudah Sakit
Jika tubuh kekurangan sayuran, sistem kekebalan dalam tubuh pun akan melemah. Kondisi tersebut menyebabkan tubuh tidak dapat melawan bakteri dan virus yang masuk kedalam tubuh. Mulailah mengonsumsi sayuran agar tubuh tidak mudah sakit.
ADVERTISEMENT