Konten Media Partner

KPU Sekadau Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024

29 Januari 2024 15:20 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Simulasi pemungutan suara yang digelar KPU Kabupaten Sekadau. Foto: Dina Mariana/Hi!Pontianak
zoom-in-whitePerbesar
Simulasi pemungutan suara yang digelar KPU Kabupaten Sekadau. Foto: Dina Mariana/Hi!Pontianak
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hi!Sekadau - KPU Kabupaten Sekadau menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 yang digelar di Terminal Lawang Kuari, Kabupaten Sekadau, Kalbar, Senin, 29 Januari 2024.
ADVERTISEMENT
Ketua KPU Kabupaten Sekadau, Fransiskus Khoman, mengatakan simulasi ini digelar untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat, bahwa KPU Kabupaten Sekadau beserta jajaran, baik d tingkat kecamatan, desa hingga TPS siap untuk melaksanakan proses pemungutan dan penghitungan suara pada 14 Februari mendatang.
Bahkan, dalam proses simulasi tersebut juga ada streaming agar masyarakat bisa menyaksikan setiap proses dan persiapan yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Sekadau.
"Kita menyampaikan kepada masyarakat bahwa dalam proses pungut dan hitung tentu sesuai dengan juknisnya," ujar Khoman kepada wartawan.
Ketua KPU Kabupaten Sekadau, Fransiskus Khoman, menyampaikan sambutan dalam simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024. Foto: Dina Mariana/Hi!Pontianak
Ia menjelaskan, proses pemungutan suara dilaksanakan mulai jam 07.00 dan berakhir pada pukul 13.00. Setelah proses pemungutan surat suara selesai, maka dilanjutkan dengan penghitungan mulai dari surat suara Presiden dan Wakil Presiden dan terakhir menghitung surat suara DPRD kabupaten/kota.
ADVERTISEMENT
"Kita harapkan dengan adanya simulasi ini masyarakat mengetahui (proses pemungutan dan penghitungan suara) yang paling umum jadwal untuk pemilihan yaitu mulai pukul 07.00 dan paling lambat setengah jam yaitu 07.30, itu sudah harus dilaksanakan" harapnya.
"Jadi jam 07.00, baru kotak suara boleh dibuka dengan disaksikan oleh saksi dan pengawas TPS," timpalnya.
Selanjutnya, KPU Kabupaten Sekadau juga mengakomodir tiga kategori pemilih, yaitu pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), pemilih yang pindah memilih masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), dan pemilih yang menggunakan KTP domisili setempat atau dinamakan Daftar Pemilih Khusus (DPK).
"Dari tiga kategori itu tentu kita berupaya agar semua pemilih dapat terakomodir. Kita juga harapkan tingkat partisipasi masyarakat dengan adanya simulasi ini semakin bertambah," tuturnya.
ADVERTISEMENT
Simulasi ini sendiri juga dihadiri para Komisioner KPU Kabupaten Sekadau, Ketua Bawaslu Sekadau Marikun, Kabag Ops Polres Sekadau Kompol Samsul Bakri, Pasi Ops Kodim 1204/Sanggau Kapten Inf M. Yunus, Kesbangpol, Disdukcapil, PPK Sekadau Hilir, Panwascam, PKD, KPPS, PTPS, dan perwakilan parpol.