Tekno & Sains
·
1 Mei 2021 10:59

Langsung Tidur Setelah Makan Sahur, Ini 5 Bahayanya bagi Kesehatan

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
Langsung Tidur Setelah Makan Sahur, Ini 5 Bahayanya bagi Kesehatan (222742)
Ilustrasi tidur. Foto: Shutterstock
Hi!Pontianak - Sahur merupakan rutinitas penting dalam menjalani puasa Ramadhan. Sebab, sahur diperlukan agar umat muslim kuat menjalani ibadah puasa selama seharian tanpa makan dan minum.
ADVERTISEMENT
Namun, waktu sahur yang berada di penghujung malam merupakan tantangan tersendiri bagi yang menjalankan puasa. Rasa kantuk dan lelah kadang mudah menghinggapi.
Maka tidak jarang setelah sahur, kebanyakan orang akan melanjutkan tidurnya sebelum memulai aktivitas. Padahal tidur setelah makan memiliki beberapa dampak buruk bagi kesehatan tubuh baik jangka pendek maupun jangka panjang.
Dilansir dari Hellosehat.com, berikut ini bahaya tidur setelah sahur bagi kesehatan yang perlu diwaspadai:
1. Gastro-Esophageal Reflux Disease (GERD)
Langsung Tidur Setelah Makan Sahur, Ini 5 Bahayanya bagi Kesehatan (222743)
Refluks Asam lambung. Foto: Thinkstock
GERD istilah medis yang biasanya dikenal dengan penyakit refluks asam atau asam lambung. GERD terjadi karena katup antara lambung dan kerongkongan tidak menutup dengan baik. Biasanya, kondisi ini terjadi akibat perubahan posisi tubuh telentang.
Tidur setelah makan sahur akan berpotensi mengalami penyakit refluks asam sebab tubuh tidak dalam posisi tegak (ideal) dalam mencerna makanan. Jika kebiasaan tersebut sering dilakukan, kamu perlu mengakhirinya dengan segera.
ADVERTISEMENT
2. Sakit Tenggorokan
Munculnya rasa sakit di tenggorokan karena naiknya asam lambung ke kerongkongan. Seseorang yang mengalami masalah ini akan merasakan sensasi panas di daerah tenggorokan dan dada yang mana kelanjutan dari efek refluks asam. Bila hal ini terus dibiarkan akan menyebabkan peradangan.
3. Bertambahnya Berat Badan
Langsung Tidur Setelah Makan Sahur, Ini 5 Bahayanya bagi Kesehatan (222744)
Jangan terobsesi dengan berat badan. Foto: Thinkstock
Salah satu penyebab berat badan naik ketika Ramadhan adalah kebiasaan langsung tidur setelah makan sahur.
Hal ini dapat terjadi karena kalori yang masuk ke dalam tubuh justru lebih banyak, dibandingkan dengan yang dibakar. Kurangnya aktivitas fisik saat berpuasa dan langsung tidur usai makan membuat tubuh menimbun lemak, sehingga kalori di dalam tubuh tidak terbakar dengan baik dan berat badan menjadi naik.
4. Sembelit
ADVERTISEMENT
Idealnya butuh waktu 2-3 jam untuk tubuh dapat mencerna makanan di dalam perut. Namun, kebiasaan langsung tidur setelah makan justru dapat menghambat proses pencernaan di dalam perut.
Apabila terus dibiarkan, kebiasaan ini bisa memicu sembelit atau kesulitan buang air besar. Selain itu, mesti memilih makanan yang kaya akan serat dan nutrisi.
Hindari makanan berlemak jenuh, mengandung gula dan kafein. Sejumlah makanan itu dapat semakin membuatmu susah untuk BAB.
5. Serangan Jantung
Serangan jantung terjadi karena adanya penyumbatan darah atau pendarahan. Penyakit berbahaya ini dialami sebab memiliki kebiasaan tidur setelah makan.
Saat dalam keadaan tidur, aliran darah ke otak harus dijaga sesuai dengan kebutuhan. Bila, perut terlibat dalam mengolah makanan otomatis suplai darah akan terbagi. Dalam jangka waktu panjang, kebiasaan ini sering dilakukan, otak bisa kekurangan memperoleh oksigen yang akhirnya memicu serangan jantung.
ADVERTISEMENT