News
·
20 Juli 2020 12:45

Lewat Twitter Anji Minta Maaf Terkait Komentar soal Foto Jenazah Korban COVID-19

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
Lewat Twitter Anji Minta Maaf Terkait Komentar soal Foto Jenazah Korban COVID-19 (45328)
Anji. Foto: Sarah Yulianti Purnama/kumparan
Hi!Pontianak - Erdian Aji Prihartanto, atau yang akrab dikenal sebagai Anji, meminta maaf terkait komentarnya tentang foto jenazah korban COVID-19. Hal tersebut ia sampaikan melalui akun Twitter @duniamanji, pada Senin (20/7).
ADVERTISEMENT
Pada cuitannya, ia mengungkapkan, bahwa ia memandang persoalan viralnya foto Joshua Irwandi dengan kacamata influencer yang sering menerima brief.
Tadi malam, saya turut serta dalam zoom meeting yang di dalamnya banyak fotografer hebat, membahas tentang hal ini. Ada penjelasan dari Bang @beawiharta,” ucapnya.
Anji mengatakan, ini adalah tentang perbedaan sudut pandang. “Saya membaca viralnya foto Joshua Irwandi dari banyak akun besar dengan pola caption yang seragam. Saya bukan mendiskreditkan Joshua atau profesinya, tetapi membahas pola penyebaran fotonya di media sosial,” katanya.
Foto Joshua Irwandi menjadi viral, karena banyak di-repost oleh netizen. "Nah lalu kenapa (foto) itu jadi ramai? Karena fotonya outstanding. Luar biasa," ungkap Bea Winarta, pewarta foto senior.
ADVERTISEMENT
Pada cuitannya tersebut, Anji juga mengatakan, ia mendapat penjelasan tentang etika jurnalistik beserta aturan-aturannya.
“Saya mendapat penjelasan dari beberapa fotografer, juga dalam forum yang membahas foto Joshua Irwandi, malam tadi. Ada Joshua juga di dalam forum itu. Well, saya jadi belajar tentang hal itu,” terangnya.
Ia juga menegaskan bahwa ia tidak (pernah) mendiskreditkan profesi fotografer, juga pada foto Joshua. “Dalam caption di IG, saya menyuarakan hal-hal yang menurut saya janggal. Jika terjadi kesalahan asumsi dalam memahami kalimat saya, saya minta maaf,” ujarnya.