Pencarian populer

Melukis Heritage Singkawang dari Seduhan Kopi

Romel Deny Andy Satria melukis heritage Singkawang dengan seduhan kopi. Foto: Dok Hi!Pontianak
Hi!Pontianak – Kalimantan Barat, tidak dikenal sebagai sebuah wilayah penghasil kopi. Namun, budaya minum kopi di Kalimantan Barat, bisa dikatakan yang paling masiv dari seluruh wilayah di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Namun selama ini, di Kalimantan Barat, kopi hanya dinikmati sebagai minuman. Karena itulah My Singkawang mengajak masyarakat Indonesia, khususnya Kalimantan Barat, untuk menikmati kopi dalam bentuk lukisan.
Lukisan heritage Singkawang karya Romel Deny Andy Satria dengan menggunakan seduhan kopi. Foto: Dok Hi!Pontianak
“Kopi bisa kita nikmati, tak hanya sebagai minuman. Banyak hal, seperti kerajinan tangan, dan lukisan,” kata Frino Bariarcianur, dari My Singkawang, kepada Hi!Pontianak, Minggu (14/7).
Frino menambahkan, dari sekian ribu warung kopi yang ada di Kalimantan Barat, ia mengaku belum pernah melihat lukisan dari seduhan kopi. “Kalau kita berkunjung ke warung kopi atau kafe, yang kita lihat adalah mural, foto, dan lain-lain. Sangat jarang kita melihat lukisan dari seduhan kopi. Karena itulah, kami ingin mengajak para pegiat seni rupa, untuk menyajikan kopi dalam bentuk berbeda, yakni lukisan heritage Kota Singkawang,” ungkapnya.
ADVERTISEMENT
Romel Deny Andy Satria melukis heritage Singkawang dengan seduhan kopi. Foto: Dok Hi!Pontianak
Kegiatan ini nantinya dikemas dalam bentuk workshop, yang akan difasilitasi oleh Romel Deny Andy Satria, seorang Perupa Muda dari Kelompok Turun Tanah, Singkawang. Acara ini digelar di Pusat Niaga NHP Singkawang, pada 20-21 Juli 2019. “Nantinya, karya-karya lukisan kopi ini akan kita pamerkan pada Agustus mendatang,” kata Frino.
Ia menjelaskan, acara ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Kopi Internasional pada 1 Oktober mendatang, yang akan digelar di Singkawang dengan tema ‘Kopi untuk Semua Bangsa’. (hp1)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80