kumparan
KONTEN PUBLISHER
12 Januari 2020 13:40

Pelari Mancanegara Siap Meramaikan Pontiank City Run

WhatsApp Image 2020-01-12 at 11.07.35 (1).jpeg
Press Conference Pontianak City Run di Teras Lapangan SA Pontianak. Foto: Lydia Salsabilla/Hi!Pontianak
Hi!Pontianak - Sekitar 3.000 pelari ditargetkan bakal meramaikan event lari berskala internasional, yakni Pontianak City Run, pada 2 Februari 2020. Sedikitnya 11 negara akan berpartisipasi dalam event tersebut, diantaranya Pantai Gading, Kenya, Australia, Belanda, Filipina, Jepang, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand dan Vietnam.
ADVERTISEMENT
“Rata-rata mereka (pelari Mancanegara) yang mendaftar adalah untuk kategori half marathon 21 kilometer. Kategori 21 K merupakan ajang pembuktian dan ajang yang bergengsi bagi kita selaku penyelenggara, karena selain prestasi olahraga secara tidak langsung juga pariwisata Kota Pontianak akan bergerak dari acara olahraga ini,” kata Ketua Sporta Indonesia, Ongky Lesamana dalam Press Conferences di teras lapangan SSA Pontianak, Minggu (12/1).
“Selain itu juga dari perekonomian juga, akan ada dampaknya dalam event Pontianak City Run ini karena yang hadir bukan hanya lokal, nasional, tetapi dari luar negeri juga hadir,” timpalnya.
Event besutan Lari.id ini bukanlah kali pertama dilaksanakan di Pontianak. Sebelumnya pada 2019, event lari ini juga pernah terlaksana dan diikuti oleh 4.000 peserta.
WhatsApp Image 2020-01-12 at 11.07.37.jpeg
Paparan Ketua PASI Kota Pontianak, Herman Hofi Munawar dalam Press Conference Pontianak City Run. Foto: Lydia Salsabilla/Hi!Pontianak
Untuk 2020, Ongky menyatakan, ada perbedaan kategori dalam ajang lari tersebut. Jika sebelumnya jarak 5K hanya untuk 1 kategori, kini jarak tersebut dibagi menjadi dua kategori, yakni open dan student.
ADVERTISEMENT
“Jadi student itu memang kita pisahkan untuk seluruh pelajar. Kenapa kita pisahkan? Karena kita melihat sumbangsih atlet apapun, prestasi olahraga semua dimulai dari sekolah. Dan yang lebih spesial di tahun ini adalah 21K atau half marathon jarak yang cukup jauh. Kategori ini buat para pelari sangat bergengsi, sehingga mereka bisa mengukur kecepatan dan ketahanan untuk lari jarak jauh ini,” jelas Ongky.
Rute titik kumpul akan dimulai dari Taman Alun-alun Kapuas, pukul 05.00 WIB, untuk half marathon dan 05.30 WIB, untuk kategori 1K dan 5K dan titik finish kembali ke Alun-alun Kapuas.
WhatsApp Image 2020-01-12 at 11.07.35.jpeg
Herman Hofi Munawar, Ketua PASI Kota Pontianak. Foto: Lydia Salsabilla/Hi!Pontianak
Sementara itu, Ketua PASI Kota Pontianak, Herman Hofi Munawar berharap, event lari ini menjadi agenda tahunan untuk memperkenalkan Kota Pontianak secara internasional. Selain itu, ia juga berharap dari adanya ajang lari ini menjadi tempat lahirnya atlet-atlet baru untuk meningkatkan prestasi bidang olahraha di kota Pontaianak.
ADVERTISEMENT
“Dalam konteks ini bisa menjadi cikal-bakal untuk bisa mengembangkan minat dan bakat para atlet kita. Dan tentunya ini merupakan salah satu embrio kedepan untuk bisa membina, mendidik, mereka pelari-pelari baru nantinya yang akan kelihatan apakah mereka ini mempunyai bakat atau prestasi di bidang lari,” tuturnya.
Saat ini penjualan tiket masih dibuka hingga kini dengan promo normal price. Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi pihak Pontianak City Run @official_pontianakcityrun.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan