kumparan
search-gray
News7 Maret 2020 10:34

Penjelasan Polisi Tentang Perbedaan SIM D

Konten Redaksi Hi Pontianak
SIM.jpg
Ilustrasi SIM. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Hi!Pontianak - Surat Izin Mengemudi (SIM) tentunya wajib dimiliki oleh siapapun yang berkendara dan memiliki usia yang cukup. Selama ini yang akrab kita jumpai, ada beberapa kategori SIM, mulai dari SIM A, SIM B, dan SIM C.
ADVERTISEMENT
SIM A digunakan untuk mengemudikan mobil penumpang, dan barang perseorangan dengan jumlah berat yang diperbolehkan tidak melebihi 3.500 kilogram. SIM B1, digunakan untuk mengemudikan mobil penumpang, dan barang perseorangan dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kilogram.
SIM B2, digunakan untuk mengemudikan kendaraan alat berat, kendaraan penarik, atau kendaraan bermotor dengan menarik kereta tempelan, atau gandengan perseorangan dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan, atau gandengan lebih dari 1.000 kilogram. Sementara, SIM C, digunakan untuk mengemudikan sepeda motor.
SIM -adi saputra.jpg
Ilustrasi SIM. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Namun taukah kamu ternyata selama ini juga tersedia SIM D. Penggolongan SIM D tersebut memang tak akrab didengar, namun SIM ini tercatat di dasar hukum penggolongan SIM Pasal 80 UU No. 22 Tahun 2019.
ADVERTISEMENT
Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Pontianak Kota, Kompol Syarifah Salbiah mengatakan, SIM D, digunakan untuk mengemudikan kendaraan khusus bagi penyandang disabilitas.
"Penggunaan SIM D, digunakan bagi orang difabel, atau cacat yang apabila menggunakan kendaraan dengan merubah bentuk kendaraan, sesuai dengan kebutuhan pada cacatnya baik untuk mobil, maupun motor," terangnya kepada Hi!Pontianak, Sabtu (7/3).
Namun, apabila pengendara difabel tersebut tidak mengubah bentuk kendaaran, mereka (pengendara difabel atau cacat), tetap menggunakan SIM C, untuk kendaraan roda dua, dan SIM A untuk kendaraan roda empat.
"Biaya PNBP SIM D, biaya sesuai dengan peraturan pemerintah Nomor 60 tahun 2016, SIM D baru sebesar Rp 50 ribu, dan SIM D perpanjangan sebesar Rp 30 ribu," pungkasnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white