Bisnis
·
9 April 2021 15:15

Pertamina DPPU Supadio Raih Penghargaan Indonesia Green Awards 2021

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
Pertamina DPPU Supadio Raih Penghargaan Indonesia Green Awards 2021 (243645)
Pertamina DPPU Supadio meraih pengehargaan Indonesia Freend Awards 2021. Foto: Dok. Pertamina
Hi!Pontianak - PT Pertamina (Persero) DPPU Supadio, Kalimantan Barat, meraih penghargaan Indonesia Green Awards 2021 untuk kategori pengolahan sampah terpadu. Acara ini diselenggarakan secara daring dan hybrid di Hotel Kempinski HI Jakarta, Rabu, 7 April 2021.
ADVERTISEMENT
Penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Alue Dohong dan Chariman The La Tofi School of CSR, La Tofi serta disaksikan secara virtual oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno.
Acara yang digagas oleh La Tofi School of CSR ini, bertujuan untuk mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang peduli terhadap lingkungan, salah satunya melalui program CSR (Corporate Social Responsibility).
"Terima kasih kepada Allah SWT atas anugerahnya dan terima kasih kepada The La Tofi School of CSR yang telah memberikan penghargaan ini kepada DPPU Supadio. Ini merupakan kali pertama DPPU Supadio mendapatkan penghargaan dalam Indonesia Green Awards," kata Wibisono, Operation Head DPPU Supadio, Jumat, 9 April 2021.
Dia menambahkan, penghargaan ini bisa diraih DPPU Supadio berkat salah satu program CSR yang berfokus pada bidang lingkungan, yaitu melalui kegiatan Bank Sampah Limbung Mandiri sebagai bank sampah binaan DPPU Supadio yang berlokasi di Desa Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.
Pertamina DPPU Supadio Raih Penghargaan Indonesia Green Awards 2021 (243646)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyaksikan acara penyerahan penghargaan Indonesia Green Awards 2021. Foto: Dok. Pertamina
"Program ini merupakan program pengelolaan sampah berbasis masyarakat dengan mengendepankan prinsip gotong-royong. Sampah-sampah tersebut didiversifikasi menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi, sehingga dapat menambah pendapatan masyarakat," ucap Wibisono.
ADVERTISEMENT
Dia menambahkan, program bank sampah merupakan suatu sistem pengolahan sampah secara kolektif dengan prinsip daur ulang. Metode ini bisa membantu mengatasi jumlah timbunan sampah sekaligus meningkatkan nilai ekonomis dari sampah.
PT Pertamina (Persero) DPPU Supadio sejak tahun 2020 melihat potensi yang dapat dikembangkan untuk turut menjaga lingkungan melalui pencanangan program bank sampah di ring-1 wilayah operasi. Program ini dilaksanakan sebagai peluang untuk menyelesaikan masalah lingkungan sekaligus masalah sosial-ekonomi di wilayah Kubu Raya. Di mana Kubu Raya merupakan pintu gerbang terbesar Provinsi Kalimantan Barat sekaligus sebagai wilayah operasi DPPU Supadio.
"Dengan penghargaan ini, kami berharap dapat meningkatkan semangat semua orang yang berkecimpung di Bank Sampah untuk lebih giat, berinovasi dan menambah pendapatan. CSR Pertamina DPPU Supadio untuk terus meningkatkan kinerjanya dan lebih bermanfaat bagi masyarakat sekitar," pungkasnya.
ADVERTISEMENT