kumparan
5 Mar 2019 23:28 WIB

Petugas Razia Sel Narapidana di Lapas Pontianak

Kalapas Pontianak Razia Sel Narapidana, Selasa (5/2). Foto: Hi!Pontianak
Hi!Pontianak – Untuk menerapkan Zero Halinar (Hp, Pungli, dan Narkoba), Divisi Pemasyarakatan Kemenkum HAM Kalbar menggelar razia serentak di Lapas Pontianak dan Rutan Pontianak, Selasa (5/2) malam. Sebanyak 145 orang dikerahkan, untuk memeriksa setiap sel di kedua tempat tersebut.
ADVERTISEMENT
“Personel gabungan ini dari 18 UPT (Unit Pelaksana Teknis) Divisi Pemasyarakatan se-Kalbar. Dibagi menjadi dua tim. 9 UPT di Lapas, dan 9 UPT di Rutan,” kata Farhan Hidayat, Kepala Lapas Kelas 2 Pontianak, usai menggelar razia.
Para petugas masuk ke setiap sel ruang tahanan, untuk memeriksa barang-barang milik warga binaan. “Jadi ini sekalian untuk menggeledah barang-barang terlarang, termasuk HP, senjata tajam,” tambahnya.
Dalam pemeriksaan ini, petugas juga melakukan tes urine kepada sejumlah warga binaan, sebagai langkah antisipasi dan mencegah peredaran narkoba di dalam Lapas.
“Semuanya ada 906 orang untuk semua kasus. Jadi kita ada 6 blok. Jadi harapannya tidak ada lagi penggunaan narkoba di dalam Lapas, dan tidak ada lagi senjata tajam. Karena itu, semuanya kita geledah,” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Farhan menambahkan, selama 2019 ini, sudah dua kali pihaknya menggelar razia serupa. “Kemarin bulan Januari kita juga menggelar razia seperti ini. Tapi waktu itu yang dilibatkan hanya petugas gabungan dari wilayah Pontianak. Kali ini kita libatkan dari seluruh Kalbar untuk melakukan Razia,” terangnya. (hp3)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan