News
·
11 Juni 2021 15:03
·
waktu baca 2 menit

Potret Perjuangan Babinsa TNI AD Berjibaku Melewati Jeram di Pedalaman Sintang

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
Potret Perjuangan Babinsa TNI AD Berjibaku Melewati Jeram di Pedalaman Sintang (48635)
searchPerbesar
Potret perjuangan Babinsa Ambalau menuju Desa Bukit Tinggi dengan melewati jeram berbahaya. (Foto: Dokumen Pendim Sintang)
Hi!Sintang - Sebagai aparat kewilayahan, Babinsa memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap desa binaannya. Dengan demikian kehadiran di wilayah sangat dibutuhkan dalam rangka pelaksanaan tugas kewilayahan.
ADVERTISEMENT
Berangkat dari tanggung jawab itu, Serda Joni salah satu Babinsa Koramil Ambalau berkunjung ke Desa Bukit Tinggi, salah satu daerah di pedalaman Kabupaten Sintang. Perjalanan yang dilakukan bersama Bhabinkamtibmas dan aparat desa itu menempuh waktu kurang lebih dua hari dengan jalur yang cukup sulit. Bahkan membahayakan keselamatan jiwa.
Karena belum memiliki akses darat, perjalanan terpaksa menggunakan jalur sungai menggunakan longboat. Perjalanan tersebut tak selalu mulus. Karena harus melewati jeram-jeram berbahaya. Demi keselamatan, penumpang bahkan harus turun dengan hanya menyisakan motoris ketika melewati jeram-jeram berbahaya.
Potret Perjuangan Babinsa TNI AD Berjibaku Melewati Jeram di Pedalaman Sintang (48636)
searchPerbesar
Saking sulitnya melewati jeram, penumpang harus turun dan menarik perahu agar selamat sampai tujuan. (Foto: Dokumen Pendim Sintang)
"Dalam perjalanan menuju desa binaan ini kami harus berjibaku dengan derasnya arus dan banyaknya riam. Sampai harus turun mendorong dan mengangkat perahu yang kami gunakan," ungkap Serda Joni.
ADVERTISEMENT
Ia mengaku hal tersebu menjadi pengalaman yang cukup berat bagi dirinya menuju desa binaan. "Ada rasa was-was dan juga khawatir karna medan yang dilewati memiliki arus yang deras dan riam yang banyak. Sampai-sampai perahu yang kami gunakan harus didorong bersama bahkan diangkat," katanya lagi.
Potret Perjuangan Babinsa TNI AD Berjibaku Melewati Jeram di Pedalaman Sintang (48637)
searchPerbesar
Babinsa bersama rombongan, menggunakan perahu saat menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di Desa Bukit Tinggi, Kecamatan Ambalau, Jumat 11 Juni 2021.
Kedatangan Babinsa bersama rombongan, bertujuan untuk menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di Desa Bukit Tinggi, Kecamatan Ambalau, Jumat 11 Juni 2021.
"Inilah kesulitan yang kami hadapi dalam panyaluran ini. Meski tidak mudah, namun perjalanan ini menjadi menyenangkan saat tiba di desa bertemu warga binaan yang menyambut kami dengan sangat baik," ucapnya.