RSUD Soedarso Berhasil Lakukan Bedah Jantung Pertama di Kalbar, Masih Gratis

Konten Media Partner
25 November 2022 21:02
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tim medis usai melakukan operasi bedah jantung terbuka perdana di Kalbar. Foto: Teri/Hi!Pontianak
zoom-in-whitePerbesar
Tim medis usai melakukan operasi bedah jantung terbuka perdana di Kalbar. Foto: Teri/Hi!Pontianak
ADVERTISEMENT
Hi!Pontianak - Sebagai kado ulang tahun yang ke-46 tahun, RSUD Soedarso Pontianak kini menghadirkan operasi bedah jantung perdana. Operasi perdana tersebut dilakukan pada Jumat, 25 November 2022.
ADVERTISEMENT
Direktur RSUD Soedarso Pontianak, Yuliastuti Saripawan, mengatakan, alat-alat operasi bedah jantung dan fasilitas lainnya sudah diberikan oleh Kementerian Kesehatan, sehingga masyarakat Kalbar tidak perlu berobat di luar Kalbar untuk operasi bedah jantung.
“Ini merupakan kali perdana untuk bedah jantung terbuka di RSUD Soedarso sebagai hadiah ulang tahun ke-46 RS Soedarso. Untuk SDM sendiri RSUD Soedarso masih dalam rangka mempersiapkan mandiri, dan masih disapih,” terang Sari kepada awak media.
Selain masih didampingi oleh Tim dari RS Jantung Harapan Kita, pihaknya saat ini telah memberangkatkan tenaga kesehatannya untuk pelatihan atau sekolah di Pulau Jawa.
“Harapan kita dan beberapa RS lain di pulau Jawa, dalam waktu cepat, dengan banyak yang dioperasi, mudah-mudahan banyak tercapai,” ucapnya.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sari memaparkan, pasien jantung yang berobat di RSUD Soedarso pada tahun 2022 saat ini sudah berjumlah 3.309 orang. Ini menjadi bahan evaluasi mereka untuk mulai melakukan operasi bedah jantung terbuka.
Operasi bedah jantung tersebut masih dibuka secara gratis, atau masih ditanggung oleh Kementerian Kesehatan. Program bantuan tersebut dapat berjalan hingga dua tahun, hingga RSUD Soedarso dapat mandiri dan bekerja sama dengan BPJS.
“Mengenai BPJS nanti setelah kita bekerja sama dengan BPJS. Pasien-pasien yang dioperasi saat ini, tidak kita lakukan penarikan, ini dibiayai oleh Kementerian. Ini suatu proses, semoga dengan banyaknya pasien dan bisa melakukan mandiri, bisa dilakukan di RSUD Soedarso, dan BPJS sendiri akan bekerja sama dengan RSUD Soedarso,” terang Sari.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Ketua Tim Pengampu Jejaring Kardio Vaskular dari RS Jantung Harapan Kita, dr Hananto mengatakan, operasi perdana yang digelar di RSUD Soedarso Pontianak, berjalan dengan lancar. Pasien saat ini sedang dirawat di ruangan ICU.
“Jam 12 tadi jantungnya kembali berdenyut lagi setelah dioperasi, setelah off by pass pasien di ICU, semoga 5 hari kedepan pasien dapat pulang,” tukasnya.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·