kumparan
search-gray
News11 Maret 2020 18:20

Suhu di Pontianak Capai 35 Derajat Celcius, Lapan Deteksi 16 Hotspot Karhutla

Konten Redaksi Hi Pontianak
Suhu di Pontianak Capai 35 Derajat Celcius, Lapan Deteksi 16 Hotspot Karhutla  (20969)
Kebakaran lahan yang terjadi di kawasan Pontianak Tenggara, Rabu sore (11/3). Foto: Dok BPBD Kota Pontianak
Hi!Pontianak - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pontianak mengungkapkan, suhu udara maksimum yang terjadi pada Rabu (11/3), mencapai angka 35,7 derajat celcius.
ADVERTISEMENT
Suhu maksimum tersebut terjadi pada pukul 15.00 WIB, di wilayah Kota Pontianak dan sekitarnya.
Menurut pantauan, sejak sepekan terakhir, Kota Pontianak tidak diguyur hujan. Bahkan sejumlah titik panas mulai terpantau di Kalimantan Barat, akibat kebakaran hutan dan lahan.
Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio Pontianak, Sutikno, mengungkapkan, data yang dihimpun pada Rabu (11/3), terdampat sebanyak 16 titik api yang terpantau berdasarkan data Lapan.
Titik panas terpantau berada di Kabupaten Kubu Raya sebanyak 12 hotspot, Kabupaten Mempawah 2 hotspot, Kabupaten Ketapang 1 hotspot, dan Kabupaten Sambas 1 hotspot.
"Hingga sore ini terpantau masih ada beberapa titik panas (hotspot) di Kalbar bagian barat. Sudah ada tanda-tanda hujan sore ini di Kalbar, di bagian timur," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, hujan diprediksikan akan mengguyur wilayah Kalbar pada Jumat (13/3). "Hujan akan turun sebagian besar di wilayah Kalbar pada Jumat, kita juga mengimbau kepada masyarakat Kalbar untuk tidak membakar hutan dan lahan, hemat penggunaan air, dan minum air putih yang cukup," terangnya.
Untuk prediksi potensi hujan yang akan turun pada Jumat (12/3), BMKG Kalbar mengimbau kepada masyarakat untuk dapat waspada dengan hujan yang berpotensi disertai angin kencang dan petir. "Karena biasanya setelah sekian lama tidak hujan, sering terjadi cuaca ekstrem," pungkasnya.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white