Woman
·
18 November 2020 12:20

Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kesehatan Gigi

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kesehatan Gigi (13567)
Ilustrasi menyikat gigi. Foto: Shutterstock
Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kesehatan Gigi
Hi!Pontianak - Sama halnya merawat kulit, menjaga kesehatan gigi juga penting. Selain digunakan untuk mengunyah atau mencerna makanan, gigi juga memiliki peran penting untuk menunjang penampilan. Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga kesehatan gigi.
ADVERTISEMENT
Namun, tanpa disadari sering kali kita mempunyai kebiasaan sehari-hari yang nyatanya buruk dan dapat memengaruhi kesehatan gigi dan mulut. Jika kebiasaan buruk itu terus dilakukan, bisa-bisa gigi bukan hanya berlubang, namun terjadi penyakit gigi lainnya.
Berikut ini kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan gigi yang sebaiknya kamu hindari:
1. Mengunyah Es Batu
Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kesehatan Gigi (13568)
com-Ilustrasi wanita yang sedang menyikat gigi. Foto: Shutterstock
Walau bisa dimakan, bukan berarti es batu baik untuk gigimu. Kebiasaan mengunyah es batu dapat beresiko membuat gigi retak. Meski kebiasaan ini sulit dihindari, kamu bisa mengurangi kebiasaan mengunyah es batu dengan minum tanpa es batu atau bisa gunakan sedotan yang ramah lingkungan agar tidak tergoda untuk mengunyah es.
2. Menyikat Gigi Terlalu Keras
Sikat gigi memang wajib dilakukan untuk dapatkan gigi yang sehat. Namun, jika menyikat atau menggosok gigi terlalu keras justru bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan gigi.
ADVERTISEMENT
Oleh karenanya, kamu perlu memastikan untuk tidak menyikat gigi terlalu keras. Sikatlah gigi dengan baik layaknya memijat secara perlahan. Selain itu, juga perlu memilih sikat gigi yang lembut.
3. Merokok
Kalau yang satu ini sih pasti sudah pada tahu kalau merokok merupakan kebiasaan buruk yang mestinya ditinggalkan. Selain berisiko merusak organ dalam, merokok juga berisiko merusak kesehatan gigi seperti membuat gigi kuning dan bau tak sedap.
Selain itu, merokok juga dapat menimbulkan efek jangka panjang yang dapat meningkatkan penyakit gusi serta memperlambat proses penyembuhannya.
4. Menggigit Bungkus Makanan
Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kesehatan Gigi (13569)
Ilustrasi Periksa Gigi. Foto: Shutterstock
Di sini siapa yang sering membuka bungkusan makanan dengan gigi? Atau mungkin yang lebih ekstrem lagi, membuka tutup botol minuman dengan menggunakan gigi. Hal ini jangan dijadikan kebiasaan ya, karena gigi diperuntukkan untuk mengunyah sesuatu yang lunak seperti makanan, bukan benda padat dan keras.
ADVERTISEMENT
5. Mengabaikan Periksa Gigi
Ingin mendapatkan gigi yang sehat, dianjurkan untuk melaksanakan pemeriksaan rutin setiap enam bulan sekali.
Kendati demikian, masih banyak orang yang mengabaikan pemeriksaan rutin tiap enam bulan ini. Tanpa disadari, hal ini hanya akan memperburuk kondisi kesehatan gigi dan mulut kamu. Oleh karenanya, jangan lupa periksakan gigi.