kumparan
search-gray
Mom1 Agustus 2020 16:48

Tips Aman Menyusui di Tempat Umum saat New Normal

Konten Redaksi Hi Pontianak
Tips Aman Menyusui di Tempat Umum saat New Normal (630593)
Ibu menyusui. Foto: Shutterstock
Hi!Pontianak - Ibu menyusui tentu sudah tidak asing lagi dengan kegiatan menyusui bayi di tempat umum. Apalagi jika seharian berada di luar rumah.
ADVERTISEMENT
Namun, di tengah pandemi COVID-19, ada kekhwatiran para ibu menyusui kalau bayi bila berada di tempat umum. Hal tersebut disebabkan karena ibu hamil dan menyusui masuk dalam kategori yang rentan terhadap infeksi virus corona COVID-19.
Salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan oleh ibu menyusui adalah faktor higienitas atau kebersihan. Sebelum menyusui di tempat umum, seperti di ruang laktasi, ibu harus mencuci tangan terlebih dahulu.
"Menyusui di masa pendemi ini pada dasarnya gak ada bedanya. Cuma bedanya sekarang harus dilakukan dengan protokol kesehatan yang benar aja, yaitu ibu harus mencuci tangan terlebih dahulu dengan 6 langkah mencuci tangan yang benar dan membersihkan bagian-bagian yang sekiranya akan bersentuhan dengan bayi," kata Wakil Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Kalbar, drg Rizky Pontiviana Akbari kepada Hi!Pontianak, Sabtu (1/8).
Tips Aman Menyusui di Tempat Umum saat New Normal (630594)
Ilustrasi ibu menyusui di tempat umum atau ruang publik. Foto: Shutterstock
Selain itu, ibu menyusui juga harus menggunakan masker. Masker penting digunakan ketika berada di tempat umum mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung.
ADVERTISEMENT
"Dan dianjurkan ibu menggunakan masker apabila sedang ada masalah dengan kesehatan pernapasannya, misalnya flu atau batuk," ucapnya.
Meskipun ada beberapa tempat umum yang menyediakan ruangan khusus menyusui, Rizky menyarankan agar para ibu tetap menggunakan selimut untuk menyusui (nursing cover). Penggunaan nursing cover dapat menjadi "penghalang" agar bayi tidak mudah terpapar oleh lingkungan di tempat menyusui. Dengan begitu, risiko penularan COVID-19 pun bisa berkurang.
"Walaupun di tempat menyusui, ibu tetap pakai nursing cover saja ya. Jadi, antara ibu dan bayi lebih terpisah dengan bayi atau ibu-ibu yang lain," tutur Rizky.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white