News
·
23 Juli 2021 14:07
·
waktu baca 1 menit

Truk Pengangkut 45 Ton Oksigen dari Malaysia untuk Kalbar Sudah di Perbatasan

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
Truk Pengangkut 45 Ton Oksigen dari Malaysia untuk Kalbar Sudah di Perbatasan (1177250)
searchPerbesar
Kendaraan pengangkut oksigen yang disuplai dari Malaysia kini sudah berada di Entikong. Foto: A. Alfian
Hi!Pontianak - Pemprov Kalbar mencari pasokan oksigen dari Sarawak, Malaysia, untuk memenuhi kebutuhan oksigen di Kalimantan Barat. Sebelumnya, Gubernur Sutarmidji telah menghubungi pemerintah Sarawak, untuk meminta bantuan suplai oksigen.
ADVERTISEMENT
Kini, 3 unit ISO tank kosong, yang akan membawa oksigen dari Sarawak telah tiba di PLBN Entikong. ISO tank tersebut akan masuk ke Sarawak untuk pengisian oksigen.
"ISO tank 3 unit, rencananya akan dibawa masuk ke Malaysia, untuk pengisian oksigen. Sekarang masih menunggu kendaraan angkut Malaysia, yang akan memindahkan ISO tank kosong di perbatasan," kata Kasi Kepabeanan Bea Cukai Entikong, Heri, Jumat, 23 Juli 2021.
Ia menambahkan, 3 unit ISO tank tersebut bisa membawa 45 ton oksigen, untuk memenuhi kebutuhan oksigen di Kalbar. Kurang lebih 25 ton oksigen akan dikirim secara bertahap.
"Oksigen yang didatangkan dari Malaysia tersebut, untuk penanganan kondisi darurat di masa pandemi COVID-19," ujar Heri.
Sementara itu, pengawalan ISO tank oksigen dari Entikong sampai ke Pontianak dilakukan pihak kepolisian. "Pengawalan kita lakukan dari PLBN sampai ke Simpang Tanjung. Kemudian, dilanjutkan Polres Sanggau sampai ke perbatasan Kubu Raya," ungkap Kapolsek Entikong, AKP Oloan Sihombing.
ADVERTISEMENT
Ia mengatakan, pengamanan ini dilakukan agar ISO tank oksigen bisa sampai ke Pontianak dengan lancar. "Setiap unit ISO tank ada satu petugas bersenjata lengkap, yang mengawal agar perjalanan ke Pontianak lancar, tanpa gangguan maupun hambatan," pungkasnya.