Woman
·
20 November 2020 14:45

Waspadai 5 Gangguan Kesehatan Akibat Duduk Terlalu Lama

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
Waspadai 5 Gangguan Kesehatan Akibat Duduk Terlalu Lama (51208)
Ilustrasi duduk. Foto: Shutterstock
Waspadai 5 Gangguan Kesehatan Akibat Duduk Terlalu Lama
Hi!Pontianak - Berapa jam rata-rata kamu duduk setiap hari? Disadari atau tidak, Work From Home (WFH) membuat aktivitas fisik makin minim dan kelamaan duduk.
ADVERTISEMENT
Tidak seperti di kantor, di rumah tentu kita tidak akan berjalan jauh untuk menyantap makan siang atau mengambil minuman. Cukup duduk dan semua benda yang perlukan dapat dijangkauan.
Namun, hal tersebut perlu diwaspadai. Sebab, duduk terlalu lama bisa mendatangkan dampak baik jangka pendek maupun jangka panjang.
Menurut, seorang dokter umum dr. Dinasyah, dalam unggahan video di media sosialnya, ada 5 ganguan kesehatan jika duduk terlalu lama. Berikut ini di antaranya:
1. Berat Badan Naik
Waspadai 5 Gangguan Kesehatan Akibat Duduk Terlalu Lama (51209)
Ilustrasi perempuan karier. Foto: Shutterstock
Asupan kalori berlebihan dipadu minim gerak badan sama dengan kenaikan berat badan. Bergerak membuat otot melepaskan molekul termasuk lipoprotein lipase.
Molekul ini membantu memproses lemak dan gula yang Anda konsumsi. Namun, saat menghabiskan sebagian besar waktu untuk duduk, maka pelepasan molekul berkurang dan membuat berat badan naik.
ADVERTISEMENT
2. Sakit Punggung, Leher dan Pundak
Hanya dalam hitungan jam, bahaya kelamaan duduk mulai muncul. Misalnya timbul rasa nyeri pada punggung, leher kaku dan sakit pada pundak. Duduk membuat fleksor pinggul memendek apalagi ditambah postur duduk buruk dan penggunaan kursi yang tidak ergonomis.
Jika ini terulang, dalam jangka panjang bisa mengalami nyeri kronis karena tekanan pada cakram tulang belakang.
Oleh karena itu sangat disarankan untuk melakukan peregangan otot di sela aktivitas kerja. Ini akan membantu melemaskan otot sehingga menghindari nyeri, sakit dan cedera
3. Kecemasan dan Depresi
Waspadai 5 Gangguan Kesehatan Akibat Duduk Terlalu Lama (51210)
Ilustrasi perempuan bekerja seharian di kantor. Foto: Shutterstock
Tahukah kamu bahwa risiko kecemasan dan depresi lebih tinggi jika lebih banyak duduk? Ini bisa terjadi karena orang yang menghabiskan banyak waktu untuk duduk kehilangan efek positif dari aktivitas fisik dan kebugaran.
ADVERTISEMENT
4. Meningkatkan Risiko Diabetes
Kebiasaan duduk diam dalam waktu yang lama ternyata bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes menyerang. Sebab, duduk terlalu lama akan memengaruhi kemampuan tubuh dalam memproduksi kadar insulin. Seperti diketahui, gangguan produksi insulin dalam tubuh manusia bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes menyerang.
5. Varises
Darah yang seharusnya bisa mengalir lancar bakal menggenang di kaki akibat duduk terus-menerus. Kondisi ini kemudian disebut varises. Umumnya varises tidak berbahaya tetapi membuat tampilan kaki kurang sedap dipandang.
Dalam beberapa kasus tertentu, bahaya kelamaan duduk yang menyebabkan varises bisa mengarah pada masalah serius termasuk pembekuan darah.