News
·
26 Desember 2019 13:29

Wisatawan Amati Gerhana Matahari Cincin Total di Singkawang

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
Wisatawan Amati Gerhana Matahari Cincin Total di Singkawang (38030)
Wisatawan dari Jakarta menyaksikan gerhana matahari cincin di Singkawang. Foto: Daddy Cavalero
Hi!Pontianak - Ribuan wisatawan lokal hingga luar Kalimantan Barat, ikut mengamati fenomena gerhana matahari cincin di Kota Singkawang. Mereka secara bergantian mengamati proses gerhana matahari cincin dengan menggunakan teleskop yang disediakan oleh Lapan di depan Vihara Tri Dharma Bumi Raya, Singkawang, sejak Kamis pagi (26/12).
ADVERTISEMENT
Wisatawan Amati Gerhana Matahari Cincin Total di Singkawang (38031)
Gerhana matahari cincin yang diamati dari Kota Singkawang. Foto: Daddy Cavalero
Sebelumnya, Lapan Pontianak menyajikan dua teleskop yang berada di depan Vihara Tri Dharma Bumi Raya, dan Masjid Raya Singkawang. Pihaknya juga menyajikan tayangan live streaming di kanal Youtube Lapan Pontianak.
Gerhana matahari cincin melintasi di delapan daerah di Indonesia, mulai dari Siak, Singkawang, Berau, Batam, Tanjung Selor, Malinau, Duri, dan Padang Sidempuan.
Wisatawan Amati Gerhana Matahari Cincin Total di Singkawang (38032)
Gerhana matahari cincin terjadi di Kota Singkawang yang merupakan fenomena langka. Foto: Daddy Cavalero
Salah satu wisatawan yang datang dari Jakarta, mengaku memilih Kota Singkawang, karena menurutnya Kota Singkawang menyajikan banyak destinasi wisata.
"Ya saya sengaja ke kota Singkawang untuk menyaksikan gerhana matahari cincin, karena saya juga mau explore (wisatanya), mulai dari Pontianak sampai Singkawang ini. Saya tahu info ada gerhana di sini juga dari internet, ini perginya satu keluarga," kata Hani Handayani, usai mengamati gerhana lewat teleskop.
ADVERTISEMENT
Gerhana matahari tersebut muncul sejak pukul 10.43 WIB, hingga puncaknya pada pukul 12.42 WIB. Gerhana akan selesai pada pukul 14.31 WIB.
Wisatawan Amati Gerhana Matahari Cincin Total di Singkawang (38033)
Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, menyaksikan fenomena gerhana matahari cincin di Singkawang. Foto: Daddy Cavalero