Pencarian populer
USER STORY
7 Tips Berikut Ini Akan Membuat Fotomu Lebih Artsy di Malam Hari
29 November 2018 13:36 WIB
0
0
Berfoto di malam hari dengan smartphone merupakan tantangan yang menyenangkan. Suasana malam yang dipenuhi lampu-lampu berwarna membuat hasil foto lebih artsy dan dramatis. Sayangnya tak banyak yang mampu menghasilkan foto keren bermodalkan smartphone, ada kiat-kiat khusus yang harus dipersiapkan dan dilakukan seperti 7 tips berikut ini:
1. Jaga Kestabilan Smartphone
Untuk menghasilkan foto malam hari yang baik, ada baiknya kamu menggunakan tripod atau gorillapod untuk menjaga kestabilan smartphone. Dengan menggunakan aksesoris tambahan ini, kamera bisa lebih stabil ketika menangkap cahaya khususnya ketika menggunakan shutter speed yang lambat.
2. Cahaya Tambahan
Suasana malam yang kurang cahaya menyulitkan kamera pada smartphone untuk menentukan fokus secara otomatis. Kamu bisa menggunakan cahaya tambahan seperti dari smartphone lain, lampu LED atau bahkan senter, Umumnya cahaya tambahan digunakan untuk menyinari objek yang lebih dekat dengan latar belakang yang gelap atau redup. Cobalah bereksperimen dengan cahaya tambahan sehingga mampu menghasilkan foto yang sesuai keinginan.
3. Gunakan Fitur di Kamera
Kamera smartphone kini telah dilengkapi berbagai fitur tambahan untuk membantu kamu menghasilkan foto yang bagus meskipun di malam hari, sebut saja seperti HDR, Night Mode atau bahkan Light Painting seperti yang dimiliki Honor 8X. Super Night Mode yang dimiliki smartphone ini juga bisa mengurangi getaran tangan pada foto long-exposure dan mendukung stabilitas multi-frame.
Honor 8X memiliki kamera belakang ganda dengan sistem AI dengan beresolusi 20MP dengan bukaan lensa f/1.8. Tak hanya itu pengenalan multi-kondisi dari sistem AI juga mampu mengidentifikasi 22 kategori dan 500 skenario dari objek foto.
4. Kuasai Mode Manual
Dengan menguasai mode manual, kamu bisa menentukan sendiri shutter speed, ISO dan exposure value yang ingin digunakan. Sayangnya tak semua smartphone memiliki mode manual ini, untungnya Honor 8X punya mode tersebut.
5. Membelakangi Cahaya
Salah satu trik untuk membuat foto siluet adalah objek utama harus membelakangi cahaya. Foto siluet akan memberi kesan dramatis tanpa harus memperlihatkan detil objek secara jelas. Untuk menciptakan foto siluet yang baik, gunakan ISO rendah dan fokuskan ke objek utama.
6. Cahaya Warna Warni
Bila kamu ingin mengambil foto di malam hari yang menarik perhatian baiknya cari objek atau latar belakang yang bercahaya warna-warni. Tapi tips ini tidak berlaku kalau kamu ingin menghasilkan foto yang bernuansa hitam-putih atau greysacle ya!
7. Filter Warna
Agar hasil foto malam hari hasil tangkapanmu lebih artsy, gunakan filter-filter warna yang mampu menambahkan nilai dramatis dari foto tersebut. Filter yang populer biasanya greyscale atau warna pastel lain.
Untuk memberikan filter warna kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan atau menggunakan fitur “Edit” yang ada di Honor 8X. Filter yang tersedia di fitur ini ada 7 kategori yaitu Mono, Nostalgia, Shadow, Classic, Paint, Weather dan Chic dengan masing-masing kategori memiliki berbagai pilihan tone warna yang bisa kamu pilih sesuai selera.
Setelah kamu membaca tips-tips foto di malam hari menggunakan smartphone di atas mendingan langsung coba deh dipraktekkan. Ingat ya, kestabilan dari tripod/gorillapod dan kemampuan kamera smartphone itu sendiri sangat menentukan hasil fotonya. Selamat berkarya!

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: