Pencarian populer
USER STORY
Ini Dia Tokoh Berpengaruh di Indonesia Yang Menyandang Disabilitas
4 Desember 2018 16:41 WIB
0
0
Baru saja Dunia merayakan Hari Disabilitas dalam rangka sebagai apresiasi kepada para penyandang difabel. Nah, untuk kali ini kita ingin membahas mengenai hal postif dari disabilitas yang dapat menjadi insiprasi dan semangat bagi para penyandangnya.
Bagi sebagaian orang, disabilitas merupakan kondisi yang sangat mengganggu dalam hidup, bahkan mereka yang hidup dengan normal tidak jarang mengolok mereka yang menyandangnya. Hal inilah yang merupakan salah satu faktor yang dapat meruntuhkan kepercayaan diri dan semangat hidup para penyandang disabilitas. Padahal banyak bakat dan kemampuan luar biasa yang dimiliki oleh mereka, dan bahkan tidak kita ketahui.
Di Indonesia pun sudah banyak tokoh-tokoh terkenal yang berjasa dan memiliki kontribusi serta jasa besar untuk negara. Meskipun sebagai kaum difabel, namun hal tersebut tidak menghalangi kemampuan dan bakat mereka untuk berkarya dan memberikan hal terbaik untuk bangsa ini. Nah, berikut kamu bisa ketahui siapa saja sih tokoh berpengaruh di Indonesia yang juga menyandang disabilitas?
1. Dr. K.H. Abdurrahman Wahid
Siapa yang tidak mengenal dirinya? Sosok yang akrab dipanggil dengan Gus Dur ini merupakan Presiden Keempat Republik Indonesia setelah masa kepresidenan B.J. Habibie. Beliau merupakan sosok Presiden Indonesia yang tidak hanya karismatik dan cerdas dalam politik dan agama, namun terkenal dengan caranya yang tenang dalam menyikapi permasalahan. Semasa hidupnya, beliau terganggu penglihatannya karena penyakit glukoma yang telah dideritanya sejak lama. Namun hal tersebut tidaklah menghalanginya dalam melihat solusi untuk menyelesaikan permasalahan terkait hal kenegaraan, bahkan kepemimpinannya membuat dirinya disebut sebagai salah satu Presiden terbaik di Indonesia.
2. Angkie Yudistia
Untuk kamu yang suka membaca, pasti familiar dengan Angkie Yudistia. Dengan bukunya yang berjudul “Perempuan Tuna Rungu Menembus Batas”, selain membuatnya menjadi terkenal ceritanya menjadi inspirasi banyak orang untuk tetap maju menggapai impiannya meskipun memiliki kekurangan. Ya, dibalik bakat Angkie yang luar biasa, dirinya merupakan seorang tuna rungu. Namun hal tersebut tidaklah menjadi pembatas bagi dirinya untuk berkarya. Bahkan di tahun 2018 ini Angkie telah menerbitkan buku keduanya yang berjudul “Setinggi Langit”.
3. Nina Gusmita
Pada Asian Para Games yang baru saja diadakan beberapa bulan lalu, terdapat beberapa atlet disabilitas yang menarik perhatian karena justru memiliki kemampuan yang mengagumkan. Salah satunya ialah Nina Gusmita yang tergabung dalam tim Voli Duduk Indonesia. Sejak kecil Nina sudah gemar bermain Voli, sehingga wajar dirinya memiliki kemampuan yang tidak dragukan lagi. Namun pada tahun 2016, Nina mengalami kecelakaan yang mengharuskan dirinya kehilangan salah satu kakinya. Tidak mau putus asa terlalu lama, dengan semangatnya yang tinggi, pada akhirnya Nina bisa kembali bermain Voli dan bahkan mewakili Tim Voli Putri Indonesia untuk bertanding di Asia Para Games 2018

4. M. Ade Irawan
Seorang pianis muda berbakat yang sering disebut sebagai “Stevie Wonder” –nya Indoenesia. M. Ade Irawan merupakan pianis Indonesia yang telah memiliki bakat terpendamnya sejak kecil. Meskipun dia seorang tuna netra, namun ketika pada umur 7 tahun dia pertama kalinya menekan tuts piano, dirinya langsung menyukai suaranya dan terus menekuninya hingga sekarang. Bahkan Ade sempat tampil pada Java Jazz 2010 lalu, yang merupakan konser Jazz di Indonesia dalam skala internasional.
Mereka semua tetap berkarya meskipun memiliki kekurangan. Mereka bisa membuktikan bahwa apa pun kondisinya, tetap dapat membuat mereka melampau batas dan terus berkarya hingga dapat membanggakan bangsa, juga menjadi inspirasi bagi kita semua. Seperti Honor 8X yang memiliki slogan “Beyond Limits“, berani untuk tampil beda dan berkarya dengan maksimal melewati hal yang dapat membatasi diri.


Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: