A16 Bionic Setara dengan Chip Apa Saja? Ini Daftarnya

Konten dari Pengguna
20 Februari 2024 15:32 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi chip A16 Bionic. Foto: Apple
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi chip A16 Bionic. Foto: Apple
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam dunia perangkat mobile, persaingan performa dan spesifikasi chip untuk perangkat mobile semakin memanas. Salah satu chip yang mendapat sorotan adalah A16 Bionic, yang diproduksi oleh Apple untuk digunakan dalam perangkat iPhone terbaru, yaitu iPhone 14 Pro dan iPhone Pro Max.
ADVERTISEMENT
Namun, seberapa hebat chip ini jika dibandingkan dengan pesaingnya? Chip gahar A16 Bionic setara dengan chip apa saja? Simak ulasan berikut untuk mengetahui perbandingannya.

Spesifikasi A16 Bionic

Ilustrasi chip A16 Bionic. Foto: Apple
A16 Bionic adalah chipset buatan Apple yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2023. Chipset gahar ini disisipkan pada perangkat Apple berupa iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max. Kinerja kedua ponsel ini dikenal kencang dan mumpuni.
A16 Bionic memiliki kecepatan RAM sebesar 6400 MHz, yang menawarkan kinerja amat tangkas dalam menjalankan aplikasi. A16 Bionic menonjol dari segi kecepatan CPU maupun Bandwidth Memory. Dengan bandwidth memori sebesar 76.6 GB/s, A16 Bionic menawarkan kecepatan transfer data yang luar biasa tangkas sehingga memberi pengalaman pengguna yang lancar dan responsif.
ADVERTISEMENT
Untuk memori RAM maksimum yang ditampung oleh prosesor ini adalah 24GB. Kapasitas ini memungkinkan perangkat untuk menangani tugas-tugas berat dan multitasking tanpa kendala. Tak hanya itu, A16 Bionic juga menyajikan versi OpenGL ES yang lebih baru, yaitu 3.2. Dengan begitu, iPhone yang didukung mampu menampilkan grafis 3D yang lebih memukau dari pendahulunya.

A16 Bionic Setara dengan Chip Apa Saja?

Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3. Foto: Qualcomm

1. Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3

Berdasarkan penilaian dari laman Versus, chip A16 Bionic dan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 memiliki poin spesifikasi yang hampir setara. Namun, Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 unggul dalam beberapa aspek.
Dalam segi CPU Speed, Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 memiliki kecepatan CPU 1.55x lebih cepat daripada A16 Bionic, dengan konfigurasi inti yang lebih kuat. Selain itu, Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 juga unggul dalam bandwidth dengan perbandingan memori 25.4 GB/s lebih banyak.
ADVERTISEMENT
Sebagai tambahan, Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 juga menggunakan multithreading, meningkatkan kemampuan pengolahan multitasking secara signifikan. Fitur ini belum ada di A16 Bionic.

2. MediaTek Dimensity 9200

MediaTek Dimensity 9200. Foto: MediaTek
Sama seperti dalam perbandingan dengan chip Snapdragon 8 Gen 3, MediaTek Dimensity 9200 juga unggul dalam bandwidth memori, dengan 25.4 GB/s lebih banyak daripada A16 Bionic. MediaTek Dimensity 9200 juga memimpin dalam hal ukuran memori maksimum, mendukung hingga 24GB, sementara A16 Bionic hanya mendukung hingga 6GB.
Bukan cuma itu, chip prosesor MediaTek Dimensity 9200 juga memiliki versi OpenGL ES 0.2 lebih baru daripada MediaTek Dimensity 9200 dan sudah mendukung multithreading untuk meningkatkan kinerja multitasking.
(SLT)
ADVERTISEMENT