Tekno & Sains
·
21 April 2021 18:01

Cara Agar Laptop Tidak Lemot dan Mengganggu Aktivitas

Konten ini diproduksi oleh How To Tekno
Cara Agar Laptop Tidak Lemot dan Mengganggu Aktivitas (506466)
Ilustrasi pengguna melakukan cara agar laptop tidak lemot (Foto: Pixabay).
Cara agar laptop tidak lemot berperan dalam tingginya intensitas dan durasi pemakaian laptop. Sebab, laptop sering digunakan setiap harinya. Hal itu membuat laptop menjadi lemot.
ADVERTISEMENT
Padahal, laptop menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan.
Seperti yang diketahui, pandemi Covid-19 membuat banyak orang harus bekerja dan belajar dari rumah. Jadi, mereka mengandalkan laptop sebagai sarananya.
Cara mengatasi laptop lemot pun perlu diperhatikan. Dengan begitu, kamu bisa mengerjakan tugas atau menyelesaikan pekerjaan tanpa hambatan.

Cara Membuat Laptop Agar Tidak Lemot

Melansir halaman bantuan Microsoft, berikut ini adalah cara merawat laptop agar tidak lemot:
1. Buka Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan
Meski mudah, namun cara ini sering dilupakan oleh pengguna. Tak jarang pula ada pengguna yang membuka banyak aplikasi.
Penggunaan laptop seperti itu akan memberatkan kinerja laptop. Jadi, pengguna disarankan untuk menutup aplikasi yang tidak digunakan agar laptop tidak lemot.
ADVERTISEMENT
2. Gunakan Versi Update dari Sistem Operasi
Sistem operasi Windows selalu menyediakan pembaruan dalam jangka waktu tertentu. Jika menggunakan versi update, maka hal itu menguntungkan pengguna.
Selain itu, permasalahan di versi sebelumnya telah diatasi lewat versi terbaru. Update Windows terbaru tidak akan membuat laptop menjadi lemot lagi.
3. Bersihkan Laptop dari virus dan Aplikasi Berbahaya
Salah satu penyebab laptop lemot adalah virus dan aplikasi berbahaya. Keduanya bisa memicu munculnya pop-ups yang menggangu, aplikasi yang tiba-tiba terbuka hingga hard disk yang terdengar seperti bekerja keras.
Cara agar laptop tidak nge-lag adalah melakukan scanning secara rutin. Setelah itu, laptop akan terhindar dari virus dan aplikasi berbahaya.
4. Pakai ReadyBoost untuk Tingkatkan Performa
ADVERTISEMENT
Selanjutnya, cara cepat agar laptop tidak lemot adalah memasang memori atau RAM tambahan.
Pengguna dapat menggunakan flash disk atau memory card untuk mengaktifkan ReadyBoost.
Cara ini bisa dilakukan dengan membuka ‘Properties’ atau pengaturan dari flash disk. Pilih saja ‘ReadyBoost’ dan klik ‘Use This Device’. Terakhir, kamu bisa tekan ‘OK’.
Itulah cara agar laptop tidak lemot di atas bisa langsung dipraktikkan. Kamu tak perlu khawatir lagi jika kinerja laptop agak lemot, karena bisa menggunakan cara di atas.
(RKW)