Tekno & Sains
·
14 September 2021 16:59
·
waktu baca 3 menit

Cara Menghapus Akun IG Permanen, Enggak Pakai Ribet

Konten ini diproduksi oleh How To Tekno
Cara Menghapus Akun IG Permanen, Enggak Pakai Ribet (149204)
searchPerbesar
Ilustrasi media sosial Instagram. Foto: REUTERS/Thomas White
Cara menghapus akun IG permanen mungkin dibutuhkan oleh sebagian besar pengguna. Hal itu dikarenakan kebanyakan pengguna Instagram ingin meninggalkan media sosial ini karena berbagai alasan.
ADVERTISEMENT
Meski Instagram menjadi media sosial yang paling populer, namun tidak sedikit pengguna yang ingin menghapus akunnya secara permanen.
Jika menghapus akun IG secara permanen, maka kamu tidak akan bisa kembali mengaksesnya. Seluruh data yang ada tersimpan di akun IG kamu nantinya akan terhapus dan tidak dapat dipulihkan.
How To Tekno menyarankan kamu untuk mengunduh semua salinan di Instagram terlebih dahulu sebelum menghapus IG permanen. Untuk melakukannya, kamu bisa klik Pengaturan > Keamanan > Unduh Data.
Jika hanya ingin beristirahat sejenak dari Instagram, kamu bisa memilih untuk menghapus IG sementara. Dengan cara ini, profil Instagram kamu tidak dapat bisa ditemukan oleh pengguna lain, namun kamu bisa mengaksesnya di masa mendatang.
ADVERTISEMENT
Setelah sudah yakin, simak tutorial bagaimana cara menghapus akun IG permanen di bawah ini.

Cara Menghapus Akun IG Permanen di HP atau Laptop

Dikutip dari Pusat Bantuan Facebook, setelah akun terhapus kamu masih bisa membuat akun Instagram dengan nama pengguna yang sama. Kecuali, jika dihapus karena melanggar Pedoman Komunitas Instagram.
Namun, cara blokir Instagram sendiri permanen hanya dapat dilakukan melalui browser HP atau laptop saja, berikut ini adalah caranya:
  1. Buka browser di laptop atau ponsel kamu. Kemudian, masuk ke alamat penghapusan akun Instagram (https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/). Menghapus akun IG permanen hanya bisa dilakukan dengan membuka alamat web tersebut.
  2. Jika kamu tidak pernah masuk ke akun Instagram lewat browser tersebut, kamu akan diminta untuk login terlebih dahulu agar dapat melanjutkan proses penghapusan akun IG permanen.
  3. Jika saat membuka alamat tersebut dan kamu ternyata login dengan akun berbeda, maka bisa klik nama pengguna di bagian atas dan logout akun tersebut terlebih dahulu. Buka kembali alamat penghapusan akun Instagram, kemudian login ke akun Instagram yang ingin dihapus.
Cara Menghapus Akun IG Permanen, Enggak Pakai Ribet (149205)
searchPerbesar
Cara menghapus akun IG permanen. Foto: Nada Shofura/kumparan
  1. Jawab pertanyaan 'Mengapa Anda ingin menghapus akun?' dengan memilih salah satu jawaban yang tersedia.
Cara Menghapus Akun IG Permanen, Enggak Pakai Ribet (149206)
searchPerbesar
Cara menghapus akun IG permanen. Foto: Nada Shofura/kumparan
  1. Setelah memilih alasan mengapa kamu ingin menghapus akun IG, nantinya diharuskan untuk mengisi ulang kata sandi. Kemudian, klik tombol 'Hapus Akun' di bagian bawah.
Cara Menghapus Akun IG Permanen, Enggak Pakai Ribet (149207)
searchPerbesar
Cara menghapus akun IG permanen. Foto: Nada Shofura/kumparan
Jika penghapusan akun IG permanen berhasil dilakukan, maka akun tersebut akan disembunyikan selama 30 hari terhitung setelah penghapusan.
ADVERTISEMENT
Kamu masih bisa login kembali dan membatalkan untuk menghapus akun IG permanen sebelum tanggal penghapusan. Setelah itu, akun akan benar-benar terhapus.
Lalu, kamu masih bisa membuat ulang akun IG dengan nama pengguna yang sama jika belum ada pengguna baru yang menggunakan nama pengguna tersebut.
Itulah cara menghapus akun IG permanen. Jangan lupa untuk mengunduh data terlebih dahulu sebelum melakukan penghapusan akun permanen.
(NSF)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white