Tekno & Sains
·
21 Juli 2021 17:57
·
waktu baca 1 menit

Cara Menghilangkan Malware di HP, Dijamin Ampuh!

Konten ini diproduksi oleh How To Tekno
Cara Menghilangkan Malware di HP, Dijamin Ampuh! (34818)
searchPerbesar
Ilustrasi ponsel terserang Malware. Foto: Pixabay/Pexels
Cara menghilangkan malware di HP sangat penting dilakukan. Sebab, malware sangat berbahaya bagi perangkat. Malware merupakan singkatan dari malicious software atau perangkat lunak jahat.
ADVERTISEMENT
Malware diciptakan untuk masuk ke perangkat dan mencuri berbagai data penting di HP. Kemudian, malware juga bisa merusak data-data tersebut. Contohnya adalah virus, trojan, dan keylogger.
Munculnya malware disebabkan saat kamu membuka situs web dan tidak sengaja menekan tombol, kemudian malware masuk ke HP. Biasanya, malware ada di berbagai situs ilegal.
Ponsel yang terinfeksi malware ditandai dengan banyaknya iklan yang muncul. Terkadang, iklan tersebut adalah virus yang bisa merusak berbagai data di ponsel.

Cara Menghilangkan Malware di HP Android

Cara Menghilangkan Malware di HP, Dijamin Ampuh! (34819)
searchPerbesar
Ilustrasi menghapus malware di HP. Foto: Jenny Kane/AP Photo
Dikutip dari laman malwaretips, berikut ini adalah cara menghilangkan virus malware di HP Android:
  1. Masuk ke 'Safe Mode' ponsel dengan menekan tombol 'Power'. Kemudian, pilih 'Power Off' dan tunggu hingga tombol 'Safe Mode' muncul.
  2. Jika ponsel kamu tidak memiliki mode aman, maka bisa membuat ponsel berada dalam kondisi airplane mode.
  3. Selanjutnya, buka opsi 'Setting'.
  4. Lalu, klik 'Biometrics and Security' dan pilih 'Other Security Settings'.
  5. Kemudian, klik 'Device admin apps'. Sebab, setiap pengaturan ponsel berbeda-beda untuk mencapai 'Device admin apps'. Jadi, kamu bisa mencoba beberapa cara di bawah ini:
ADVERTISEMENT

- Security > Device admin apps

- Security & privacy > Device admin apps

- Security > Device Administrators

- Lock Screen and Security > Other Security Settings > Phone Administrators.

  1. Hapus tanda centang di 'Device Admin Apps'. Sekarang, kamu bisa menghapus aplikasi yang tidak dianggap pemicu munculnya malware.
  2. Buka menu pengaturan, kemudian pilih 'Apps' dan hapus beberapa aplikasi yang dianggap malware. Aplikasi yang dicurigai malware adalah ES File Explorer, Xender, Amber Weather Widget, GO Weather Forecast & Widgets, Kitty Play, Touchpal, dan Z Camera.
  3. Setelah itu, matikan safe mode dengan cara restart HP dan tunggu hingga HP masuk ke menu utama.
  4. Untuk memaksimalkan cara menghilangkan malware iklan di HP Android, kamu bisa mengunduh aplikasi bantuan. Kamu bisa mengunduhnya melalui Google Play Store, yaitu Malwarebytes, Malware Fox, dan lainnya.
  5. Jalankan aplikasi dan tunggu hingga proses selesai.
  6. Lalu, matikan pop-up yang muncul dengan membuka pengaturan browser. Lalu, hapus centang pop-up. Selain itu, kamu juga bisa menghapus aplikasi browser dan memasang ulang.
Cara Menghilangkan Malware di HP, Dijamin Ampuh! (34820)
searchPerbesar
Ilustrasi menghapus malware di HP. Foto: Japanexperterna.se via Flickr (CC BY-SA 2.0)
Cara menghilangkan virus malware di HP bisa kamu coba dengan mudah dan praktis. Saat melakukan pencarian dan membuka situs, pastikan selalu waspada dengan malware yang mengintai.
ADVERTISEMENT
Sebaiknya, lakukan pencadangan data ponsel secara rutin untuk melindungi dokumen penting di HP jika suatu saat terinfeksi malware.
Selain itu, jangan lupa pasang aplikasi antivirus agar virus yang masuk ke HP bisa terdeteksi. Kemudian, lakukan pembersihan malware secara berkala minimal satu minggu sekali agar HP terbebas dari serangan malware.
Itulah cara menghilangkan malware di HP dengan mudah. Kamu bisa melakukannya sendiri tanpa harus pergi ke tempat service HP.
(NSF)