Tekno & Sains
·
2 September 2021 15:15
·
waktu baca 2 menit

Cara Mengisi PeduliLindungi untuk Syarat Perjalanan

Konten ini diproduksi oleh How To Tekno
Cara Mengisi PeduliLindungi untuk Syarat Perjalanan (77051)
searchPerbesar
Ilustrasi aplikasi PeduliLindungi. Foto: Zabur Karuru/Antara Foto
Cara mengisi PeduliLindungi untuk syarat perjalanan domestik hingga internasional banyak dicari oleh masyarakat Indonesia.
ADVERTISEMENT
Sejak diberlakukannya PPKM di Indonesia untuk mengurangi penyebaran COVID-19, salah satu syarat melakukan perjalanan adalah mengisi eHAC, yaitu Kartu Kewaspadaan Kesehatan versi modern.
Masyarakat bisa mengisi data eHAC lewat aplikasi PeduliLindungi dengan mudah. Dengan begitu, diharapkan pengawasan petugas terhadap pelaku perjalan semakin optimal dan efisien.
Bagi kamu yang akan melakukan perjalanan di dalam atau luar negeri, wajib mengisi data diri pada fitur eHAC yang ada di aplikasi PeduliLindungi. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Cara Mengisi PeduliLindungi untuk Perjalanan

Berikut ini adalah tutorial cara mengisi data PeduliLindungi sebelum melakukan perjalanan:
Cara Mengisi PeduliLindungi untuk Syarat Perjalanan
Cara mengisi PeduliLindungi dibutuhkan untuk syarat perjalanan di dalam dan ke luar negeri. Untuk mengisi data tersebut, maka berikut adalah caranya:
1. Masuk ke Aplikasi PeduliLindungi dan klik e-HAC
Buka aplikasi PeduliLindungi yang ada di smartphone. Jika belum memiliki aplikasinya, unduh di Google Play Store atau App Store. Kemudian, masuk ke akun kamu atau lakukan registrasi. Setelah masuk di menu utama aplikasi PeduliLindungi, klik 'Electronic Health Alert Card (e-HAC)' di bagian bawah.
2. Buat e-HAC untuk Melakukan Perjalanan
Kemudian, klik 'Buat e-HAC' dan pilih 'International e-HAC' jika kamu melakukan perjalanan luar negeri ke Indonesia atau 'Domestik e-HAC' jika kamu ingin melakukan perjalanan di Indonesia.
3. Isi Seluruh Data yang Dibutuhkan
Selanjutnya, isi seluruh data yang dibutuhkan dan lakukan konfirmasi. Kamu juga bisa menambahkan data anggota keluarga lain dengan klik 'Tambahkan Tanggungan'. Lalu, isi data diri anggota keluargamu sama seperti cara di atas.

Data-data yang Diperlukan

Bagi kalian yang bertanya data apa saja yang dibutuhkan untuk mengisi eHAC di PeduliLindungi sebelum melakukan perjalanan, maka berikut adalah cara mengisi aplikasi PeduliLindungi:
ADVERTISEMENT

1. Perjalanan Domestik

Ada tiga jenis data yang harus diisi, yaitu Data Pribadi, Data Perjalanan, dan Pernyataan Kesehatan.
  • Data Pribadi: Kewarganegaraan, NIK, Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Tanggal Lahir, dan Tujuan Perjalanan (Tourism/Leisure/Vacation, Business, atau Foreign Worker).
  • Data Perjalanan: Kota Asal, Kota Tujuan, Alamat Tujuan (Hotel atau Kediaman), dan Detail Transportasi yang ada di tiket kamu.
  • Pernyataan Kesehatan: Negara yang dikunjungi 14 hari terakhir dan pertanyaan apakah merasakan gejala-gejala yang disebutkan.
Cara Mengisi PeduliLindungi untuk Syarat Perjalanan (77052)
searchPerbesar
Ilustrasi aplikasi PeduliLindungi. Foto: Zabur Karuru/ANTARA FOTO

2. Perjalanan International

Bagi kamu yang dari luar negeri hendak ke Indonesia, pilih 'International e-HAC' dan isi data diri, meliputi Data Pribadi, Data Perjalanan, dan Pernyataan Kesehatan.
  • Data Pribadi: Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Tanggal Lahir, dan Tujuan Perjalanan (Tourism/Leisure/Vacation, Business, atau Foreign Worker), Negara penerbit passport, dan nomor passport.
  • Data Perjalanan: Asal, Tujuan, Alamat Tujuan (Hotel atau Kediaman), dan Detail Transportasi yang ada di tiket kamu.
  • Pernyataan Kesehatan: Negara yang dikunjungi 14 hari terakhir dan pertanyaan apakah merasakan gejala-gejala yang disebutkan,
ADVERTISEMENT
Mengutip dari kumparanNEWS, Kepala Pusat Data dan Informasi Kemenkes, Anas Ma'ruf mengatakan, jika pemerintah meminta masyarakat agar memanfaatkan fitur eHAC di aplikasi PeduliLindungi untuk perjalanan dan menghapus aplikasi eHAC terpisah.
Itulah cara mengisi PeduliLindungi sebelum melakukan perjalanan. Selain itu, pastikan kamu sudah melakukan vaksinasi dan tes COVID-19 terlebih dahulu.
(NSF)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020