Perbedaan Tempered Glass dan Anti Gores Plastik untuk Layar HP

Konten dari Pengguna
10 Januari 2023 19:48 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tempered Glass dan Anti Gores Plastik. Foto: Unsplash.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tempered Glass dan Anti Gores Plastik. Foto: Unsplash.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Agar layar ponsel pintar yang digunakan bisa awet dan tahan lama, pengguna bisa menambahkan tempered glass atau anti-gores plastik. Ini merupakan dua perlindungan yang berbeda, tetapi kerap disamakan.
ADVERTISEMENT
Membeli tempered glass maupun anti-gores merupakan salah satu investasi melindungi smartphone yang penting dilakukan. Sebab, hal tersebut dapat mengurangi kemungkinan kerusakan layar LCD yang dipakai.
Di sisi lain, layar smartphone yang rusak biasanya membutuhkan perbaikan yang mahal sehingga diperlukan biaya yang tidak sedikit.
Sebelum membeli salah satunya, kamu bisa menyimak perbedaan tempred glass pada penjelasan How To Tekno di bawah ini.

Perbedaan Tempered Glass dan Anti-gores Plastik

Ilustrasi Perbedaan tempered glass dan anti gores plastik. Foto: Unsplash.com
Perbedaan tempered glass dan anti-gores plastik bisa dilihat dari berbagai aspek mulai dari bahan, harga, daya tahan, dan pemasangan. Berikut ulasan lengkapnya yang dirangkum dari laman Sahara Case.

1. Bahan

Tempered glass merupakan pelindung layar yang terbuat dari kaca berkualitas tinggi. Pelindung layar ini dibuat dengan tahapan pemanasan termal dan didinginkan sehingga tetap tahan banting meskipun kaca yang digunakan tipis.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, anti-gores plastik dibuat dengan bahan plastik. Jenis ini banyak dijumpai di pasaran.

2. Harga

Dari segi harga tempered glass dan anti-gores plastik memiliki perbedaan siginifikan. Biasanya, tempered glass dijual lebih mahal. Sedangkan anti-gores plastik dijual lebih murah.

3. Daya tahan

Perbedaan tempered glasss dengan anti-gores juga bisa dilihat dari daya tahan pemakaian. Tempered glass memiliki ketebalan 0,3mm-0,5mm. Sementara ketebelan dari anti gores plastik terbaik biasanya 0,1mm.
Dengan ketebalan tersebut anti-gores plastik bisa dilepas kapan saja, dan bisa dipasang kembali dengan mudah. Namun, goresan pada anti-gores plastik akan mudah terlihat dan tak terlalu tahan sehingga kerusakan pada layar touchscreen smartphone lebih besar.
Sementara tempered glass memiliki daya tahan yang lama dan lebih kuat. Jika perangkat temper glass terkena benda tajam atau rusak, kemungkinan untuk merusak layar touchscreen lebih sedikit.
ADVERTISEMENT
Menurut laman EK Wireless, jenis tempered glass juga lebih tahan gores dan minyak dibandingkan anti-gores plastik.

4. Pemasangan

Pelindung layar plastik lebih sulit dipasang daripada jenis tempered glass. Pada tempered glass, biasanya ada beberapa jenis pelindung kaca, seperti perekat lengkap atau bezel.
Meskipun tempered glass memiliki harga yang lebih mahal, jenis pelindung layar ini dinilai lebih bagus dari anti-gores plastik.
Jenis-jenis tempered glasss yang bisa ditemui dengan mudah di pasaran, antara lain, Scratch-resistant glass, Gorilla glass, Dragontrail glass, Concore glass, dan Shapphire glass. Semua jenis tersebut bisa dibeli dengan berbagai harga. Semoga bermanfaat.
(IPT)