kumparan
8 November 2019 0:08

Disnaker Bantu Tingkatkan Daya Saing Tenaga Kerja Kota Bandung

IMG_20191107_154038_074.jpg
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung (Disnaker), Arief Syaifudin Pada Bandung MEnjawab, Foto : Humasbdg
Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung akan terus membantu warga Kota Bandung untuk bisa bersaing untuk memperoleh pekerjaan. Terlebih, warga Kota Bandung hars bersaing dengan tenaga kerja asing di era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN), AFTA (Asian Free Trade Area), CAFTA (China-ASEAN Free Trade Area) dan APEC (Asia- Pacific Economic Cooperation).
ADVERTISEMENT
Salah satunya dengan menjalin kerja sam dengan sejumlah pemerintah daerah di luar negeri. Tujuannya, agar tenaga kerja Kota Bandung bisa memiliki kompetensi.
“Pemkot Bandung juga sudah berkerja sama dengan Pemerintah Kota Toyota Jepang," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung (Disnaker), Arief Syaifudin pada Bandung Menjawab di Ruang Media Balai Kota Bandung, Kamis (7/11/2019).
Dari kerja sama tersebut, Kota Bandung memperoleh peluang untuk mengirimkan tenaga kerjanya ke Jepang.
"Ini merupakan peluang bagi kita. Kemarin sudah ada pertemuan dengan SMK dan perguruan tinggi, untuk menyiapkan tenaga kerja ke Jepang. Skill tidak masalah, yang penting bisa berbahasa jepang karena mereka akan mendapat pelatihan di sana," katanya.
Selain Kota Toyota, kata Arief, Kota Yokohama juga membutuhkan 8.000 tenaga kerja dalam bidang industri dan otomotif. Ini merupakan peluang bagi SMK untuk mendapatkan pekerjaan di sana.
ADVERTISEMENT
Arief mengatakan pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan Disnaker Provinsi Jawa Barat, dan mendapatkan informasi bahwa Negara Palau juga membutuhkan tenaga kerja dalam bidang pariwisata dan konstruksi.
"Disnaker akan berupaya seoptimal mungkin dalam menurunkan angka pengangguran,” tuturnya.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan