News
·
5 Mei 2021 17:13

Polres Situbondo Terjunkan 500 Personil Gabungan Amankan Perayaan Idul Fitri

Konten ini diproduksi oleh Humas Polres Situbondo
Polres Situbondo Terjunkan 500 Personil Gabungan Amankan Perayaan Idul Fitri  (159040)
SITUBONDO - Personel gabungan TNI, Polri dan Instansi Pemerintah mengikuti apel gelar pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021 di Polres Situbondo yang dihadiri Forkopimda Situbondo, Selasa (4/5/2021)
ADVERTISEMENT
Apel gelar dipimpin oleh Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi, M.M.  yang dihadiri Kapolres AKBP Ach. Imam Rifai, SH, SIK, M.PICT, M.ISS, Dandim 0823 Letkol Inf Neggy Kuntagina, S.I.P., Kajari Iwan Setiawan, SH, M.Hum., Ketua Pengadilan Abu Achmad Sidqi Amsyah, S.H. dan Kepala Instnasi terkait.
Tema gelar pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021 adalah “ Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021, Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman pada perayaan Idul Fitri 1442 H “
Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan Operasi Ketupat 2021 meliputi komponen pelaksana sepert personel TNI, Polri, Pemda dan mitra kamtibmas serta komponen pendukung sseperti sarana prasarana dan kendaraan.
ADVERTISEMENT
“ seperti disampaikan oleh Pemerintah bahwa tujuan pelarangan mudik lebaran adalah mencegah penyebaran atau peningkatan kasus Covid-19 untuk itu dengan dilaksanakannya Operasi Ketupat Semeru 2021 dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang merayakan Idul Fitri “ jelasnya
Dimulainya operasi ditandai dengan pemasangan pita oleh Bupati kepada perwakilan anggota Polri, TNI dan Dishub kemudian dilanjutkan pemeriksaan pasukan bersama Kapolres, Dandim 0823 didampingi Kabag Ops.
Usai apel gelar, Kapolres menjelaskan bahwa Operasi ini akan digelar selama 12 hari mulai tanggal 6 Mei sampai dengan 17 Mei 2021 dengan mengedepankan preemtif dan preventif untuk mengamankan perayaan Idul Fitri 1442 H di masa pandemi Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan 5M untuk keselamatan masyarakat.
ADVERTISEMENT
“ Semangat yang ingin ditanamkan dalam Operasi Ketupat 2021 adalah upaya Polri dalam mencegah penyebaran Covid-19 melalui penyekatan dan penegakan terhadap protokol kesehatan, prioritas langkah-langkah preventif dan preemtif secara humanis sehingga masyarakat dapat betul-betul mematuhi protokol kesehatan “ ucap kapolres
Operasi Ketupat Semeru 2021 melibatkan 500 personil gabungan yakni dari Polres 300 personil, Kodim 0823 60 personil, Subdenpom V 5 personil, Dishub 50 personil,  Satpol PP 50 personil dan Dinkes 35 personil.  Seluruh personil yang terlibat akan melaksanakan patroli memantau kamtibmas dan juga menempati pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu dyang itempatkan pada 4 titik lokasi diantaranya di Banyuglugur, Kota Situbondo, pelabuhan Jangkar dan Baluran Banyuputih. (humas/dra)
ADVERTISEMENT