Dosen Pendidikan Sosiologi Unismuh Teliti Pendidikan Karakter dalam Program MBKM

Informasi seputar prestasi dan kegiatan kampus Unismuh Makassar
Konten dari Pengguna
30 November 2022 9:54
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Unismuh Makassar tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Dosen Pendidikan Sosiologi Unismuh Teliti Pendidikan Karakter dalam Program MBKM (406923)
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
KABAR UNISMUH, MAKASSAR – Dosen Pendidikan Sosiologi Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar melakukan penelitian Pendidikan Karakter Berbasis Integratif Moral pada Program Merdeka Belajar Kampus Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Kota Makassar.
ADVERTISEMENT
Tim peneliti Pendidikan Sosiologi FKIP Unismuh Makassar Prof Dr Nursalam dan Dr Suardi melakukan penelitian tentang “Model Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Integratif Moral Kepada Siswa Sekolah Dasar Dalam Program MBKM Angkatan dua 2021 Di Masa Pandemi Covid-19 di Kota Makassar”. Sumber dana penelitian diperoleh dari Hibah riset Keilmuan Tahun 2021.
Prof Nursalam membeberkan alasan mendasar melakukan penelitian tersebut.
“Kami melakukan penelitian karena melihat buruknya perilaku siswa yang masih mengalami dekadensi sehingga membutuhkan suatu model penguatan Pendidikan karakter yang lebih komprehensif pada program MBKM khususnya di Kota Makassar,” ucapnya saat wawancara di Kampus Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Rabu, 30 November 2022.
Tujuan penelitian ini dilakukannya untuk menghasilkan model penguatan pendidikan karakter berbasis integrasi moral kepada siswa Sekolah Dasar (SD) dalam kegiatan MBKM Angkatan 1 dan 2 tahun 2021 di Kota Makassar.
ADVERTISEMENT
Dr Suardi juga menyampaikan metode penelitian yang digunakan.
“Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran (Mixed Methods). Model Mixed Methods Concurrent Embedded tahap pertama menggunakan metode penelitian kualitatif dan tahap kedua menggunakan metode penelitian kuantitatif secara simultan atau bersama-sama namun dengan bobot yang berbeda,” ungkapnya.
Hasil penelitian dari Prof Nursalam dan Dr Suardi menemukan penguatan karakter (Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, bergotong royong, berkebinekaan global) yang berbasis integrasi moral (knowing, feeling, sinverbal, action, habitus, culture) dari berbagai kegiatan Kampus Mengajar yang terintegrasi dalam kegiatan intrakurikuler, kegiatan kokurikuler, kegiatan nonkurikuler dan ekstrakurikuler yang melibatkan kepala sekolah, guru (kelas, mata pelajaran, bimbingan konseling), mahasiswa, dosen, serta orangtua.
ADVERTISEMENT
Penelitian selanjutnya, yaitu agar mengkaji penguatan karakter yang berbasis integrasi moral di program sekolah penggerak di Sulawesi Selatan (Sulsel) pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA).
Rencana Kegiatan Riset Lanjutan dari penguatan karakter yang berbasis integrasi moral di program sekolah penggerak di Sulawesi Selatan.
Luaran penelitian yang telah dicapai dalam penelitiannya adalah lima artikel jurnal, satu buku, dan dua HKI jurnal, serta buku hasil penelitian. Satu artikel sudah dipublikasikan pada Jurnal Nasional terakreditasi SINTA, 2 yaitu pada jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan Volume 7 No. 8 Bulan Agustus Tahun 2022 dengan judul “Penguatan Karakter Bernalar Kritis Berbasis Integratif Moral untuk Siswa Sekolah Dasar dalam Program Kampus Mengajar di Indonesia yang dapat diakses di http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/15416.
ADVERTISEMENT
Satu artikel yang siap publis pada Jurnal Nasional terakreditasi SINTA 2 yaitu Jurnal AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Vol. 15. No. 1 (2023) dengan judul “Strengthening Religious, Personal, Human, Natural and State Character Based on Integrative Morals in Elementary Schools in Makassar City”, dapat dilihat di https://journal. staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/index.
Serta tiga artikel yang sudah disiapkan untuk submit pada jurnal terakreditasi SINTA 2. Selain itu juga menghasilkan satu buku hasil penelitian yang berjudul “Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila Berbasis Integratif Moral Di Sekolah”, ber-ISBN 978-623-405-141-4 terbit bulan Agustus tahun 2022 oleh CV. AA. Rizky. 2 HAKI yaitu HKI. (Humas Unismuh)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020