Food & Travel
·
14 Januari 2021 17:36

Cesky Krumlov, 'Lukisan Surga Dunia' di Negeri Bohemia

Konten ini diproduksi oleh Husni Fatahillah Siregar
Cesky Krumlov, 'Lukisan Surga Dunia' di Negeri Bohemia (99759)
Cesky Krumlov (Foto Dok. Pribadi)
Andai saja keindahan surga yang Tuhan janjikan dapat kita lihat dalam sebuah lukisan, pastinya Cesky Krumlov ada dalam lukisan tersebut. Ketika Anda menginjakkan kaki pertama kali di Cesky Krumlov, Anda akan langsung dibuat takjub akan kebesaran Tuhan yang menciptakan Cesky Krumlov bak lukisan. Jika Anda adalah orang yang religius, sejauh mata memandang Anda akan menyaksikan kebesaran Tuhan yang pastinya akan meningkatkan dan mengokohkan ketakwaan Anda pada Tuhan. Jika Anda seorang yang romantis, Cesky Krumlov merupakan tempat yang tepat untuk menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang Anda. Dan yang paling utama tentunya bagi Anda penggila fotografi dan pemburu objek-objek yang instagramable, Cesky Krumlov seolah menyajikan hamparan objek foto yang tidak akan habis. Semua titik di Cesky Krumlov adalah objek foto yang sangat indah.
ADVERTISEMENT
Cesky Krumlov merupakan kota kecil di selatan Ceko yang berjarak sekitar dua setengah jam berkendara dari ibukota Ceko, Praha. Sungai Vlatava yang membelah kota memperkuat keindahan Cesky Krumlov. Aliran sungai yang berkelok dan mengalir dengan lembutnya, seolah memberi gambaran akan keberadaan manusia yang harus melalui jalan berkelok dalam kehidupannya dan memerlukan satu titik untuk berhenti, dan titik itu ada di Cesky Krumlov. Tidak heran di tahun 1992, Ceksy Krumlov masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.
Pesona Kastil Cesky Krumlov
Saya berkesempatan mengunjungi Cesky Krumlov beberapa waktu lalu, di penghujung musim gugur. Keindahan dan keanggunan Cesky Krumlov seolah tak mengenal musim. Hembusan angin dingin menjelang masuknya musim dingin ditambah terpaan sinar matahari memberikan sensasi tersendiri dalam menikmati indahnya Cesky Krumlov.
ADVERTISEMENT
Sebuah kastil menjulang dengan ‘angkuhnya’ di jantung kota Cesky Krumlov, yang memungkinkan Anda dapat melihat kastil tersebut dari segala penjuru kota. Lembutnya aliran sungai Vlatava berpadu dengan kokohnya kastil seolah bercumbu dengan birunya awan dan sinar matahari yang memunculkan Cesky Krumlov bak lukisan surga dunia.
Cesky Krumlov, 'Lukisan Surga Dunia' di Negeri Bohemia (99760)
Kastil Cesky Krumlov (Foto Dok. Pribadi)
Saya belum beruntung untuk dapat masuk dan melihat lebih jauh lagi keindahan bagian dalam kastil. Karena masih dalam kondisi pandemi covid-19, sehingga untuk mengantisipasi kerumunan orang dalam ruangan tertutup pengelola tidak membuka tour ke bagian dalam kastil. Namun, melihat dari luar saja sudah cukup meyakinkan saya akan indahnya kastil Cesky Krumlov.
Menyusuri Labirin
Menikmati Cesky Krumlov belum lengkap jika Anda belum menyusuri lorong-lorong cantik yang terbentuk ibarat sebuah labirin di negeri dongeng. Jalanan yang terbentuk dari bebatuan sejak ribuan tahun lalu, menambah keseruan saat Anda menyusuri lorong-lorong tersebut. Saya pun seperti terhipnotis dan melangkahkan kaki tanpa arah. Hanya mengikuti hembusan angin yang membawa saya untuk menyusuri Cesky Krumlov ditemani gemiricik aliran air sungai Vlatava. Saat Anda melewati lorong-lorong tersebut, jangan tergesa-gesa. Nikmati setiap sudut lorong yang Anda lewati. Abadikan setiap lorong yang Anda lewati.
Cesky Krumlov, 'Lukisan Surga Dunia' di Negeri Bohemia (99761)
Sudut Lorong di Cesky Krumlov (Foto Dok. Pribadi)
Saya berkunjung diwaktu yang tepat, karena saat itu lorong-lorong Cesky Krumlov yang biasanya ramai oleh wisatawan terutama wisatawan Asia, menjadi sepi dan kosong. Sehingga saya merasa ‘memiliki’ Cesky Krumlov seutuhnya dan tidak perlu berbagi keindahannya dengan orang lain. Namun, sekiranya pun banyak wisatawan saya tidak ambil pusing, karena Cesky Krumlov seolah menghipnotis saya untuk menikmati saja keindahannya tanpa mempedulikan orang-orang di sekitar.
ADVERTISEMENT
‘Lukisan Surga Dunia’
Menjelajahi Cesky Krumlov akan membuat Anda lupa waktu. Anda akan dibuat melangkah ke segala penjuru untuk mengagumi keindahannya. Pastinya Anda tidak akan kecewa pernah menginjakkan kaki di Cesky Krumlov. Rumah-rumah tua yang saling berhimpitan, terhubung dengan lorong-lorong yang membentuk seperti labirin, dilintasi aliran sungai Vlatava yang berkelok, dan keanggunan kastil Cesky Krumlov yang berdiri kokoh, menjadi satu kesatuan dalam menghadirkan pengalaman menjelajahi Cesky Krumlov yang pastinya akan Anda ingat seumur hidup dan belum tentu Anda dapat temukan di tempat lain.
Membayangkan Cesky Krumlov telah ada sejak ribuan tahun lalu, membuat saya tersadar bagaimana Tuhan menjaga 'aset-Nya' sedemikian rupa hingga keindahannya tak lekang dimakan jaman. Manusia datang silih berganti menghuni dan mengunjungi Cesky Krumlov, namun keasliannya tetap terjaga. Cesky Krumlov seolah enggan berubah mengikuti tuntutan jaman. Sejauh mata Anda memandang tidak akan dijumpai bangunan modern. Bangunan-bangunan yang ada berdiri kokoh seolah menantang jaman dan meyakinkan siapapun yang datang bahwa untuk menjadi indah tidak perlu harus berubah, tetaplah menjadi seperti apa adanya.
Cesky Krumlov, 'Lukisan Surga Dunia' di Negeri Bohemia (99762)
Keindahan Cesky Krumlov bak Lukisan (Foto Dok. Pribadi)
Berada di Cesky Krumlov akan membuat manusia menjadi kecil. Kecil karena begitu besarnya keindahan yang Tuhan berikan melalui keberadaan Cesky Krumlov. Keindahan yang seolah menjadi refleksi bagi diri masing-masing untuk selalu mensyukuri nikmat dan karunia yang Tuhan berikan. Jikalau Tuhan menghadirkan lukisan tentang surga, pastinya Cesky Krumlov isi lukisan itu.
ADVERTISEMENT
Salam dari Praha.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white