Senandung Ibu Pertiwi, Persembahan dari Ceko untuk Indonesia

Konten dari Pengguna
18 Agustus 2021 12:07
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Husni Fatahillah Siregar tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
"Kulihat Ibu Pertiwi
Sedang bersusah hati
Air matanya berlinang
Mas intannya terkenang"
ADVERTISEMENT
Lagu Ibu Pertiwi berkumandang dengan syahdu pada peringatan HUT RI, 17 Agustus 2021 di Praha. Tahun ini ibu pertiwi memasuki usia ke-76. Agustus selalu diwarnai dengan gegap gempita peringatan HUT RI, namun tahun ini merupakan tahun kedua peringatan HUT RI tanpa kemeriahan karena dunia masih dibayangi pandemi COVID-19.
Di Ceko, upacara peringatan HUT Ke-76 RI dapat diselenggarakan secara langsung di Wisma Duta Praha dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan yang berlaku. Upacara yang berlangsung dengan khidmat, dipimpin oleh Duta Besar RI Praha, Ibu Kenssy D. Ekaningsih serta dihadiri oleh WNI, Diaspora Indonesia di Ceko dan warga Ceko pecinta Indonesia. Ketika lagu Indonesia Raya berkumandang, tanpa terasa segenap peserta upacara larut dalam keharuan yang mendalam, karena sejauh-jauh kaki melangkah untuk menjelajah dunia, namun tetap rasa cinta terhadap negara dan bangsa tidak akan sirna. Satu per satu prosesi upacara berjalan dengan mulus, hingga di penghujung rangkaian agenda upacara.
Senandung Ibu Pertiwi, Persembahan dari Ceko untuk Indonesia (173824)
searchPerbesar
Duta Besar RI Praha memimpin Upacara Peringatan HUT ke-76 RI di Wisma Duta Praha (Foto Dok. KBRI Praha)
Ada yang spesial dalam peringatan HUT RI tahun ini di Ceko. Setelah upacara selesai, berkumandang dengan begitu syahdunya lagu Ibu Pertiwi. Rasa haru nampak terlihat dari dari para peserta upacara saat mendengarkan lagu Ibu Pertiwi. Rasa haru tersebut makin membuncah ketika dari barisan peserta upacara muncul gadis cantik berkebangsaan Ceko yang dengan merdu dan fasihnya menyanyikan lagu Ibu Pertiwi. Suara merdu Pavla Fajrlikova–alumni penerima beasiswa Darmasiswa–yang diikuti lantunan merdu suara Ibu Duta Besar dan Staf KBRI Praha, membawa peserta upacara larut dalam keharuan yang mendalam ketika menghayati makna dari lagu Ibu Pertiwi. Selain lagu Ibu Pertiwi, juga dipersembahkan lagu "Heal the World" oleh Tim Arumba KBRI Praha. Lagu yang dipopulerkan oleh Michael Jackson tersebut juga sangat tepat menggambarkan kondisi tidak hanya di Indonesia tapi juga di dunia yang masih berjuang menghadapi pandemi COVID-19.
Senandung Ibu Pertiwi, Persembahan dari Ceko untuk Indonesia (173825)
searchPerbesar
Suasana Upacara Peringatan HUT ke-76 RI di Wisma Duta Praha (Foto Dok. KBRI Praha)
Lagu Ibu Pertiwi dan "Heal the World" merupakan persembahan khusus KBRI Praha di HUT Ke-76 RI, persembahan dari Ceko untuk Indonesia. Lagu tersebut merupakan wujud empati KBRI Praha terhadap situasi pandemi COVID-19 di Indonesia. Kedua lagu tersebut menjadi harapan yang disampaikan KBRI Praha agar Indonesia segera pulih dan masyarakat bisa kembali beraktivitas ke kondisi normal, tanpa dibayang-bayangi rasa khawatir akan bahayanya Virus Corona.
ADVERTISEMENT
Melalui lagu Ibu Pertiwi dan "Heal the World", KBRI Praha ingin mengirimkan pesan kepada masyarakat Indonesia untuk saling bahu membahu dalam menghadapi pandemi COVID-19. Jangan mudah terprovokasi untuk mengabaikan bahayanya Virus Corona dengan berperilaku tidak mengindahkan protokol kesehatan. Sejatinya mudah saja untuk menjadi orang baik, yaitu tumbuhkan kepekaan dan empati terhadap kehidupan di sekitar kita. Siapa pun boleh tidak percaya akan COVID-19 dan menganggap bahwa COVID-19 ini hoaks atau konspirasi politik. Namun ketidakpercayaan tersebut hendaknya tidak disebarluaskan dan justru membuat kegaduhan di publik, yang akhirnya mengurangi kepekaan dan empati terhadap orang lain yang mengalami kesusahan bahkan hingga kehilangan orang-orang terdekat akibat COVID-19.
Lagu Ibu Pertiwi yang dibuka oleh Pavla Fajrlikova, yang notabene berkebangsaan Ceko, seolah menjadi simbol bahwa jika orang yang bukan asli Indonesia saja memiliki kecintaan yang begitu mendalam akan Indonesia, lalu mengapa kita yang lahir, tumbuh dan menjalani kehidupan di Indonesia rela membiarkan Ibu Pertiwi bersusah hati. Pandemi COVID-19 ini tidak hanya dihadapi di Indonesia, tapi juga dunia. Setiap negara di dunia sedang berjuang dan berperang melawan COVID-19, tentu dengan cara dan kebijakan masing-masing, yang belum tentu kebijakan suatu negara dapat diimplementasikan di negara lain. Kejenuhan akan pandemi yang sudah berlangsung selama satu setengah tahun ini juga tidak hanya dialami masyarakat Indonesia, tapi juga masyarakat dunia.
ADVERTISEMENT
Oleh karenanya, momen peringatan HUT Ke-76 RI ini kita jadikan momentum untuk merapatkan barisan guna saling bahu membahu berperang melawan COVID-19. Jika 76 tahun lalu para pejuang berjuang dan mengangkat senjata untuk melawan dan mengusir penjajah dari Indonesia. Kini, saatnya kita bersama berjuang dan bergandengan tangan melawan COVID-19 dengan mematuhi protokol kesehatan dan menjaga kepekaan akan lingkungan sekitar.
Saatnya kita eratkan lagi persaudaraan melawan COVID-19 tanpa melihat suku, agama dan ras. Tapi kita satu Indonesia. Sebagaimana kami WNI dan Diaspora Indonesia di Ceko bersama-sama dalam ikatan persaudaraan menyampaikan salam cinta untuk Indonesia dalam formasi 76. Persembahan dari Ceko, untuk Indonesia.
Senandung Ibu Pertiwi, Persembahan dari Ceko untuk Indonesia (173826)
searchPerbesar
Formasi 76, persembahan dari Ceko untuk Indonesia (Foto Dok. KBRI Praha)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020