News
·
26 Agustus 2020 15:57

Senandung Indonesia Pusaka oleh Friends of Indonesia di Ceko

Konten ini diproduksi oleh Husni Fatahillah Siregar
Senandung Indonesia Pusaka oleh Friends of Indonesia di Ceko (12635)
Peringatan HUT ke-75 RI di Praha (Foto Dok. KBRI Praha)
Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
ADVERTISEMENT
Slalu dipuja-puja bangsa
Lagu Indonesia Pusaka berkumandang dengan syahdu pada peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia, 17 Agustus 2020 di Ceko. Agustus selalu diwarnai dengan gegap gempita peringatan HUT RI. Dan tahun ini ibu pertiwi memasuki usia ke-75. Ada yang berbeda dalam peringatan HUT RI tahun ini dibanding tahun-tahun sebelumnya. Karena dunia masih dibayangi pandemi Covid-19, maka upacara peringatan HUT RI yang diselenggarakan di Indonesia atau di kantor-kantor perwakilan Indonesia di luar negeri dilakukan dengan jumlah peserta upacara yang sangat terbatas atau bahkan dilakukan secara virtual.
Di Ceko, upacara peringatan HUT ke-75 RI dapat diselenggarakan secara langsung di Wisma Duta Praha dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan. Upacara dipimpin oleh Duta Besar RI Praha, Ibu Kenssy D. Ekaningsih serta dihadiri oleh WNI dan Diaspora Indonesia di Ceko. Ketika lagu Indonesia Raya berkumandang, tanpa terasa segenap peserta upacara larut dalam keharuan yang mendalam, karena sejauh-jauh kaki melangkah untuk menjelajah dunia, namun tetap rasa cinta terhadap negara dan bangsa tidak akan sirna. Satu per satu prosesi upacara berjalan dengan mulus, hingga di penghujung rangkaian agenda upacara.
Senandung Indonesia Pusaka oleh Friends of Indonesia di Ceko (12636)
Suasana Upacara Peringatan HUT ke-75 RI di Praha (Foto Dok. KBRI Praha)
Senandung Indonesia Pusaka oleh Friends of Indonesia di Ceko (12637)
Suasana Upacara Peringatan HUT ke-75 RI di Praha (Foto Dok. KBRI Praha)
Ada yang spesial dalam peringatah HUT RI tahun ini di Ceko. Setelah upacara selesai, ditayangkan video berjudul Indonesia Pusaka. Video Indonesia Pusaka merupakan persembahan KBRI Praha untuk Indonesia. Rasa haru dan bangga nampak terlihat jelas dari dari para peserta upacara saat menyaksikan tayangan video Indonesia Pusaka. Rasa haru dan bangga tersebut makin membuncah ketika dari barisan peserta upacara muncul gadis cantik berkebangsaan Ceko yang dengan merdu dan fasihnya menyanyikan lagu Indonesia Pusaka. Suara merdu Pavla Fajfrlikova – alumni penerima beasiswa Darmasiswa – membawa peserta upacara larut dalam keharuan yang mendalam akan kerinduan pada tanah air tercinta, Indonesia.
ADVERTISEMENT
Yang membuat video Indonesia Pusaka ini menjadi lebih spesial karena dalam video tersebut tampil Duta Besar RI Praha dan Friends of Indonesia di Ceko, antara lain mantan Duta Besar Ceko untuk Indonesia, para pengajar Bahasa Indonesia di Ceko dan para pencinta Indonesia. Keterlibatan Friends of Indonesia dalam video tersebut menjadi bukti betapa Indonesia memang begitu dicintai dan dipuja oleh bangsa lain, sebagaimana disebutkan dalam lirik lagu Indonesia Pusaka.
Kecintaan Friends of Indonesia di Ceko akan Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi. Tengok saja kiprah salah seorang Friends of Indonesia yaitu Prof. Zorica Dubovska, seorang Indonesianis yang tanpa kenal lelah terus menggaungkan dan memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat Ceko. Beliau yang memprakarsai berdirinya Indonesian Studies di Charles University, serta mengajar bahasa Indonesia kepada para mahasiswa. Dan atas kecintaannya terhadap Indonesia, Prof. Dubovska dianugerahi Bintang Jasa Pratama dari pemerintah Indonesia tahun 2010.
ADVERTISEMENT
Dalam konteks diplomasi, keberadaan Friends of Indonesia tentunya memberi kontribusi positif untuk lebih menggaungkan Indonesia di Ceko. Keberadaan mereka sebagai key opinion leader yang memiliki jaringan cukup luas dapat membantu pemerintah Indonesia, dalam hal ini KBRI Praha, untuk menyebarluaskan informasi tentang Indonesia terutama melalui seni dan budaya. Diplomasi saat ini bukan melulu tentang perundingan antar negara, namun dengan seni dan budaya bisa menjadi kekuatan bagi sebuah negara untuk melakukan diplomasi. Karena seni dan budaya akan bersentuhan langsung dengan masyarakat atau people to people contact. Era keterbukaan informasi yang sedemikian cepat, membuat konteks hubungan internasional tidak lagi sebatas hubungan antar pemerintah saja, namun juga meliputi hubungan antar masyarakat dua negara.
ADVERTISEMENT
Sebagai contoh apa yang dilakukan Friends of Indonesia Jana Wolfova, pendiri Kintari Foundation, yang rutin mempromosikan seni dan budaya Indonesia melalui berbagai pertunjukan seni dan budaya di Ceko. Jana yang merupakan alumni beasiswa Darmasiswa tahun 2004, secara khusus mendirikan Kintari Foundation karena kecintaannya akan Indonesia. Semua keuntungan yang diperoleh Kintari Foundation dalam setiap pertunjukan yang digelar, didekasikan untuk membantu anak-anak sekolah yang tidak mampu di Lombok.
Pemilihan Friends of Indonesia dalam video Indonesia Pusaka menjadi apresiasi untuk mereka yang tanpa lelah mempromosikan dan menggaungkan Indonesian di Ceko. Semangat dan ketulusan mereka mencintai Indonesia memberikan pelajaran yang sangat berharga kepada kita, warga negara Indonesia, untuk melakukan sesuatu khususnya untuk bangsa dan negara tanpa pamrih. Apalagi jika dikaitkan dengan makna lagu Indonesia Pusaka. Lagu Indonesia Pusaka menggambarkan bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, negara yang indah hingga dipuja oleh bangsa lain. Oleh karenanya sebagai warga negara Indonesia, kita harus mampu menjaga tanah air Indonesia segenap jiwa dan raga, karena Indonesia tempat kita menjalani hidup hingga akhir hayat.
ADVERTISEMENT
Kehadiran Friends of Indonesia dalam video Indonesia Pusaka menjadi refleksi bagi kita untuk memperkokoh kedaulatan, persatuan dan kesatuan bangsa ditengah keberagaman masyarakat Indonesia. Memaknai keberagaman inilah yang harus kita renungi bersama. Bukan hanya sekedar retorika belaka namun harus diwujudkan dalam aksi nyata bersama, menyatukan keberagaman melalui kolaborasi untuk menggaungkan jati diri bangsa Indonesia.
Lagu Indonesia Pusaka yang dilantunkan memberi makna untuk tidak pernah lelah mencintai Indonesia, dimanapun kita berada. Sejauh kaki melangkah ke belahan dunia manapun, tetap Indonesia tanah air yang kita cintai dan banggakan.
Disana tempat lahir beta
Dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung dihari tua
Sampai akhir menutup mata
Dirgahayu Indonesia!
(Video Indonesia Pusaka dapat disaksikan pada tautan berikut: https://www.youtube.com/watch?v=lMNqTXartWg)
ADVERTISEMENT