• 1

Aneka Ekspresi Pedagang Kecil Saat Melihat Uang Baru

Aneka Ekspresi Pedagang Kecil Saat Melihat Uang Baru



00:00:00/00:00:00

Tanggapan Masyarakat terhadap Pecahan Uang Baru

Sejak diperkenalkan kepada masyarakat pada Senin (19/12), uang rupiah dengan desain baru sudah bisa digunakan untuk transaksi perdagangan. Meski jumlah yang beredar belum banyak, namun rata-rata masyarakat sudah tahu desain uang rupiah berganti.
Rina (26 tahun), misalnya, mengaku sudah tahu informasi desain uang baru, namun pramuniaga toko kelontong di Jati Padang, Jakarta Selatan, itu belum melihat wujud aslinya.
Untuk melihat bagaimana dampak sosialisasi dan informasi yang tersebar, kumparan mengunjungi dua daerah di Jakarta yang transaksi perdagangannya cenderung tinggi: Senen dan Kampung Melayu. kumparan memperlihatkan mereka uang rupiah berdesain baru itu.
"Wah, ini uang baru ya? Alhamdulillah, saya baru sekarang ini dapat dan melihatnya secara langsung," ujar Su'dah (55), seorang pedagang asongan di Senen.

Mata Uang Pecahan Baru

Mata Uang Pecahan Baru Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000 dan Rp 1.000 (Foto: Fanny Kusumawardhani)

Di lokasi yang sama, pedagang gorengan bernama Marno (39) mengaku tidak terkejut.
"Ya, sudah dengar tentang itu. Tapi sebetulnya nggak penasaran-penasaran juga. Setelah liat wujud aslinya, ternyata bagus juga ya. Gambar orangnya ini juga berubah," kata Marno sambil tetap berdagang.
Barulah di area Terminal Kampung Melayu, kami menemukan Suhartono yang terkejut melihat desain baru uang rupiah. Begitu diperlihatkan selembar Rp 20 ribu, dia terlihat heran.
Namun setelah mengamatinya dengan seksama, raut muka Suhartono pun menjadi sumringah dan kagum. "Wah, bagus nih uangnya. Warnanya masih sama, tapi lebih bagus menurut saya," ujar sopir angkot itu. 

EkonomiKeuanganUangUang Baru

500

Baca Lainnya