• 1

Jokowi: Jangan Hanya Ikut-ikutan Masuk Organisasi Internasional!

Jokowi: Jangan Hanya Ikut-ikutan Masuk Organisasi Internasional!



Presiden Jokowi

Presiden Jokowi melakukan peletakan batu pertama rekonstruksi masjid besar At-Taqarrub (Foto: ANTARA/Rahmad)

Indonesia telah bergabung di dalam 233 organisasi internasional. Namun, Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas siang ini meminta para menterinya untuk meninjau keanggotaan Indonesia tersebut. 
Menurut dia, keanggotaan Indonesia di dalam organisasi internasional harus memberikan manfaat nyata bagi kepentingan nasional. Presiden meminta jangan sampai masuknya Indonesia di sebuah organisasi internasional hanya menjadi formalitas semata. 
"Saya juga tidak ingin keanggotaan kita di organisasi internasional hanya ikut-ikutan, hanya mengekor, hanya membebek," kata Presiden saat membuka rapat terbatas soal organisasi internasional di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis, (22/12).
Jokowi menegaskan Indonesia harus tetap berpegang teguh pada haluan politik luar negeri yang bebas dan aktif. Dan tidak sembarang bergabung dengan organisasi internasional.   
Selain itu, Presiden juga menilai keanggotaan tentunya berimbas pada kontribusi pendanaan. Jangan sampai kontribusi pendanaan nasional pada organisasi internasional itu menjadi sia-sia hanya karena peran Indonesia yang tidak aktif. 
"Jangan sampai apa yang sudah kita berikan menjadi sia-sia karena tidak memberikan manfaat yang signifikan bagi rakyat," katanya.
Selain ratas soal keanggotaan Indonesia di organisasi internasional, Presiden sore nanti juga akan memimpin ratas soal pengamanan Natal dan tahun baru.

NewsJoko WidodoJokowiPBB

500

Baca Lainnya