• 1

Ribuan Rumah di Bima Terendam Banjir, 104.378 Warga Mengungsi

Ribuan Rumah di Bima Terendam Banjir, 104.378 Warga Mengungsi



Banjir Setinggi 2 Meter Terjang NTB

Dua warga bertahan di tengah rendaman banjir di NTB (Foto: Dokumentasi BNPB)

Banjir setinggi hingga 3 meter merendam ribuan rumah di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat. Akibatnya, lebih dari 100 ribu warga harus mengungsi.
“Masyarakat yang awalnya sudah kembali ke rumah dari pengungsian kembali mengungsi karena adanya banjir susulan pada Jumat siang,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Sabtu (24/12).
Sutopo menjelaskan, akses komunikasi dan listrik di Kota Bima mati total. Jaringan transportasi dan aktivitas ekonomi warga juga lumpuh.
Berdasarkan laporan dari Kepala BPBD Provinsi Nusa Tenggara Barat, Muhammad Rum, banjir berdampak di 5 kecamatan yang mencakup 33 kelurahan. 104.378 warga mengungsi karena rumahnya terendam banjir.
Pada Sabtu pagi, banjir di Kota Bima sudah mulai surut. Meskipun demikian, aktivitas warga masih lumpuh, apalagi listrik dan jaringan komunikasi mati total.
Banjir di Kota Bima terjadi sejak hari Rabu (21/12). Banjir setinggi 3 meter sempat surut, namun setelah hujan deras mengguyur, banjir kembali datang. Tidak ada laporan korban jiwa akibat banjir di Bima.


NewsBanjirBanjir Bima

500

Baca Lainnya