kumparan
24 Oktober 2019 9:06

Melongok Tokyo Motor Show di Pulau Reklamasi Jepang

Tokyo Motor Show Foto: Dok. Ilham Bintang
Catatan Ilham Bintang
Bersama 22 pemimpin redaksi media nasional menghadiri Tokyo Motor Show di Perfektur Odaiba, Tokyo, Jepang, Kamis pagi (24/10).
ADVERTISEMENT
Dari Tokyo ke tempat pameran hanya setengah jam dengan kendaraan bus melintasi jembatan Rainbow Bridge. Odaiba adalah pulau reklamasi yang seluruh daratannya hasil sampah olahan.
Kunjungan para pemimpin media pers ini atas undangan Astra Internasional. Dipimpin Pongky Pamungkas, Riza Deliansyah, dan Boy Kelana dari Astra kunjungan ini bertema 'Enjoy Tokyo'.
Tokyo Motor Show Foto: Dok. Ilham Bintang
Tapi Arifin Asydhad, pemimpin redaksi kumparan, lebih suka menyebut trip ini kunjungan dalam rangka menghadiri dan memberi ucapan selamat atas penobatan Kaisar Jepang dua hari lalu.
Di hari bersamaan, rombongan bertolak ke Jepang, Rabu pagi (23/10), di Indonesia tengah berlangsung pelantikan para menteri anggota Kabinet Kerja II Jokowi-Ma’ruf. Arifin tentu saja hanya bergurau.
Di luar dugaan ternyata keberangkatan 'Enjoy Tokyo' bersamaan pelantikan anggota kabinet. Sehingga agenda lima tahunan tidak bisa dihadiri puluhan Pemred.
ADVERTISEMENT
Trip ini sudah direncanakan lama. Dipilih waktunya bersamaan pembukaan Tokyo Motor Show.
Puluhan Pemred media nasional di acara Tokyo Motor Show Foto: Dok, Ilham Bintang
Hal lain pergi bareng degan puluhan teman seprofesi memang lebih menarik dibandingkan obyek yang dituju, juga yang ditinggalkan. Maklum momen itu jarang terjadi, bahkan bisa dibilang sukar terutama pada masa kesibukan Pileg dan Pilpres.
Pemred TV One, Karni Ilyas, menyusul terbang ke Tokyo, sehari setelah memandu acara ILC. Untuk apa lagi, selain menebus kerinduan kumpul sesama wartawan. Ada Suryopratomo, Primus Dorimulu. Rosiana Silalahi, Timbo Siahaan, Nezar Patria, Toriq Hadad, Arief Zulkifli, Herry Trianto, Uni Lubis, Muhammad Ihsan, Medyatam, Kemal Gani, Budiman Tanuredjo, dan beberapa lagi.
Pertunjukan dunia
Tokyo Motor Show Foto: Dok. Ilham Bintang
Sejauh ini, Tokyo Motor Show memang menjadi salah satu pertunjukan motor top dunia. Memperkenalkan kendaraan penumpang dan komersial, sepeda motor dan teknologi otomotif terbaru untuk pengalaman total kendaraan bermotor. Sebelumnya pameran ini diadakan di Makuhari Messe, yang sejak tahun 2011 diadakan di Tokyo Big Sight di Odaiba.
ADVERTISEMENT
Tokyo Motor Show menampilkan kendaraan produksi terbaru merek domestik dan internasional, termasuk mobil konsep, banyak di antaranya memiliki debut dunia mereka di sini.
Dikombinasikan dengan pertunjukan demo dan acara langsung, pengunjung dapat memiliki kesempatan untuk melihat dan merasakan beberapa hal terbaru dalam rekayasa kendaraan, keselamatan penumpang, dan teknologi masa depan yang ramah lingkungan.
Penumpang
Tokyo Motor Show Foto: Dok. Ilham Bintang
Kendaraan penumpang mengisi sebagian besar acara dengan banyak produsen terkemuka yang menampilkan model kendaraan terbaru mereka.
Anda dapat masuk, menyentuh dan mencoba berbagai mobil yang dipajang. Beberapa produsen, terutama yang domestik, menampilkan kendaraan berkonsep yang memamerkan teknologi terdepan mereka.
Kendaraan komersial
Tokyo Motor Show Foto: Dok. Ilham Bintang
Di bagian kendaraan komersial, di dalamnya terdapat produsen terbaik bis, truk, dan van.
ADVERTISEMENT
Anda dapat naik ke dalam banyak kendaraan dan mempelajari tentang fitur dan aksesori terbaru yang memungkinkan anda dapat melakukan pekerjaan dengan lebih mudah dan aman.
Anda juga dapat melihat berbagai model konsep yang mewakili teknologi terbaru dalam kendaraan komersial.
Sepeda motor
Produsen sepeda motor besar seperti Honda, Yamaha, Kawasaki dan Suzuki menampilkan model terbaru dan terhebat mereka, banyak di antaranya yang bisa Anda pakai.
Banyak produsen menampilkan seluruh lini model mereka, dan Anda juga dapat melihat sepeda motor balap dan model konsep terbaru.
Bagian, Alat, Ban, dan Sistem Hiburan
Tokyo Motor Show Foto: Dok. Ilham Bintang
Suku cadang, alat, ban, dan sistem hiburan kendaraan terkini dan tercanggih ditampilkan di seluruh ruang konvensi. Anda dapat melihat beberapa teknologi terbaru yang menjadikan kendaraan baru lebih aman dan mudah digunakan, serta sistem audio, visual, dan navigasi canggih yang membuat berkendara lebih menyenangkan.
ADVERTISEMENT
Tokyo Motor Show juga menawarkan pengalaman langsung yang bervariasi dari satu pertunjukan ke pertunjukan lainnya, dan biasanya mencakup test drive kendaraan penumpang dan sepeda motor, serta test drive bersama dalam kendaraan berbahan bakar alternatif dan kendaraan komersial.
Tokyo Motor Show Foto: Dok. Ilham Bintang
Selain itu, acara ini menampilkan pameran khusus yang dalam beberapa tahun terakhir telah dimasukkan dalam sejarah otomotif, pameran carrozzeria dan pertunjukan demo oleh Polisi Prefektur Chiba, pengendara sepeda motor trik profesional dan kendaraan komersial dan darurat.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan