• 0

USER STORY

Tugas Puan Maharani, Tugas Kemanusiaan

Tugas Puan Maharani, Tugas Kemanusiaan


Dalam memahami kerja Puan Maharani, sejatinya kita tak bisa hanya terkoptasi dengan istilah pembangunan manusia dan kebudayaan saja, tapi dalam pandagan yang lebih luas, kita bisa memahami, bahwa tugas Puan Maharani adalah tugas kemanusiaan.
Program kerja Puan Maharani adalah program kerja yang menjadikan manusia dan kebudayaan sebagai hal penting yang harus diperhatikan. Sebab, pembangunan tidak bisa mengenyampingkan manusia dan kebudayaannya.
Membangun manusia, tentu saja bisa dimulai dengan membangun dan memberikan fasilitas bagi rakyat untuk berkembang dan ikut terlibat dalam proses yang membuat mereka semakin maju dan meningkat, terutama melalui akses pendidikan, akses untuk mendapatkan kesehatan, dan akses untuk ikut merasakan program-program kesejahteraan.
Puan Maharani menyadari betul, bahwa tak akan pernah ada kemajuan dan pembangunan manusia, tanpa memerhatikan pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, social-ekonomi, serta kehidupan sehari-hari dari rakyat. Tentu tidak cukup jika diukur dari segi kuantitas, tapi itu adalah bagian dari upaya Puan Maharani, bersama seluruh jajaran kementerian yang berada di bawah garis tanggung jawabnya, untuk bersama-sama mengupayakan kerja kemanusiaan; menjadikan manusianya sebagai bagian penting dari pembangunan.
Kerja kemanusiaan Puan Maharani, juga bisa dilihat dari pola dan cara kerjanya untuk mendatangi daerah-daerah yang sedang mengalami bencana. Dalam banyak pemberitaan, kita bisa melihat bagaimana Puan Maharani, hadir langsung di daerah-daerah yang sedang terkena bencana untuk memastikan jalannya bantuan, mengetahui situasi dan suasananya secara langsung, termasuk memastikan mekanisme penyelesaian bantuan dan solusi terbaik di lapangan.
Sebagai sedikit contoh dari banyak tugas kemasnusiaan yang telah dilakukannya, antara lain: Kepedulian Puan Maharani untuk membangun dan merevitalisasi Aceh pasca Tsunami dengan anggaran triliunan rupiah, kunjungan untuk para korban terdampak bencara alam, pembelaannya terhadap HAM untuk mereka yang kembali lagi ke Indonesia setelah dideportasi karena diduga terlibat ISIS, dan yang terkahir adalah kepedulian, rasa duka, sekaligus rasa kecewa atas meninggalnya bayi Debora yang ditengarai disebabkan karena tidak mendapatkan pelayanan yang layak, karena nyawa, kemudian menjadi, tak lebih penting dari uang muka yang tak sanggup dibayar.
Sehingga pada titik inilah, kita tidak bisa menafikan, bahwa tugas Puan Maharani, sejatinya, adalah tugas kemanusiaan. Membangun manusia, sekaligus menghargai dan menghormati kemanusiaan sebagai sebuah nilai universal. Tugas mulia, sejatinya, yang dijalani Puan Maharani dengan sederhana dan kerja yang purna.

Puan MaharaniKabinet KerjaHumanioraPolitikInspirasi

500

Baca Lainnya