• 4

Berbeda Tetapi Tetap Mesra di Jakarta

Berbeda Tetapi Tetap Mesra di Jakarta



00:00:00/00:00:00

Gereja dan Masjid
Perbedaan bukan menjadi alasan perpecahan. Berbeda justru menjadi semangat untuk saling menghargai. Salah satu contoh di Jakarta, di kota metropolitan ini ada banyak contoh perbedaan dalam keyakinan tetapi tetap rukun berdampingan.
Seperti kisah dari Tanjung Priok, Jakarta Utara. Ada masjid dan gereja yang hidup bersebelahan. Bila kamu mengambil foto dari depan, akan tampak bangunan gereja dan kubah masjid bersisian.
Kemesraan hidup bertetangga antara Masjid Al Muqarrabien dan Gereja Mahanaim ini terbangun sejak puluhan tahun. Menurut Aisyah (63), istri dari pendiri masjid, selama 50 tahun hidup berdampingan tak pernah ada konflik.
"Misalnya saat bulan puasa, pihak gereja turut membagikan makanan berbuka. Di saat hari raya Idul Adha, saya kasih daging," ujar Aisyah.
Selain itu juga soal urusan parkir kendaraan juga saling membantu. Kalau parkir di gereja penuh saat kegiatan ibadah, pihak masjid mempersilakan halaman untuk digunakan.
"Lebaran kemarin pengurus masjid dapat sarung dan bingkisan lain," tambah Aisyah.
Aisyah juga menuturkan, di masjid ini ceramah diatur agar tak menyinggung perasaan umat lain. Suaminya, almarhum Abdul Aziz melarang siapa pun berceramah tentang hal-hal yang mengandung unsur kekerasan.
"Kalau udah bau-bau yang keras-keras gitu langsung di-cut sama Bapak," begitu disampaikan Aisyah.
Sekelumit kisah dari Priok itu menjabarkan betapa manusia Indonesia memiliki semangat persaudaraan yang tinggi. Sekali lagi, berbeda keyakinan tetap saling menghormati.
Dari Priok sedikit bergeser ke Jakarta Pusat. Ada Masjid Istiqlal, kebanggaan umat Islam. Lokasi masjid yang bisa menampung 200 ribu jemaah ini berdampingan dengan Gereja Katedral. Lokasinya hanya dipisahkan Jalan Taman Wijaya Kusuma.
Selama puluhan tahun, Istiqlal dan Katedral berdampingan. Istiqlal sendiri hasil karya arsitek F Silaban, yang memenangkan sayembara yang digelar pemerintah saat itu pada 1950-an. F Silaban beragama Kristen Protestan.
Kembali ke soal semangat saling menghormati dan menghargai, Istiqlal dan Katedral menjadi cerminan kehidupan kerukunan umat beragama di Indonesia.
Mungkin tak hanya di Jakarta, di daerah lain juga ada yang kasus seperti ini. Anda bisa berbagi kepada kami, berbeda tetap bersaudara.

NewsNasionalFatwa Atribut Agama LainMegapolitanFatwa MUI

500

Baca Lainnya