• 6

Berpesta di Car Free Night Sudirman-Thamrin

Berpesta di Car Free Night Sudirman-Thamrin



Aksi ini digelar dengan tujuan mencegah terjadinya kemacetan panjang lalu lintas yang sering sekali terjadi setiap perayaan malam pergantian tahun di Jakarta

- Jokowi di penghujung 2012 saat masih menjadi Gubernur DKI

Kutipan Jokowi di atas mengawali sejarah car free night di Jakarta. Pertama kali, car free night yang dimulai di Solo pada 2011, kemudian diadopsi di Jakarta di pergantian tahun 2012 menuju 2013. Jokowi saat itu baru saja terpilih menjadi Gubernur DKI, meninggalkan posisi Wali Kota Solo.
Di penghujung 2012 itu, ruas Jalan Sudirman-Thamrin-Medan Merdeka Barat ditutup sejak 31 Desember pukul 21.00 WIB, hingga 1 Januari pukul 02.00 WIB. Belasan panggung berjejer di sepanjang jalur car free night, menyajikan hiburan musik keroncong hingga jazz. Dari Sudirman-Monas, masyarakat tumpah ruah diperkirakan mencapai ratusan ribu orang.
1 Januari 2013, 600 ton sampah dihasilkan. Ratusan petugas dinas kebersihan dikerahkan menyapu sampah yang berserak. Tak hanya sampah, taman-taman di kawasan Sudirman hingga Monas juga mesti dibenahi karena terinjak-injak.
Tradisi car free night berlanjut setiap tahunnya. Dilanjutkan Ahok pada 2014, hingga pergantian 2015 menuju 2016. Sama seperti tahun sebelumnya, ratusan pekerja kebersihan dan personel kebersihan dikerahkan. Dan pada 1 Januari 2016, tercatat sampah yang dihasilkan mencapai 700 ton.

Infografis Car Free Night

Infografis Car Free Night Jakarta (Foto: Bagus Permadi/kumparan)
Di pergantian tahun 2016 menuju 2017 ini, car free night kembali digelar. Sejak pukul 31 Desember pukul 18.00 WIB, hingga 1 Januari 2017 pukul 02.00 WIB, jalan di ruas Sudirman-Thamrin ditutup bagi kendaraan bermotor. Pergantian tahun akan dipusatkan di empat lokasi di kawasan Sudirman-Thamrin-Monas.

Tahun baru di Jakarta

Perayaan tahun baru di Jakarta (Foto: Jefta Images / Barcroft Media / Barcroft Media via Getty Image)
Ada empat panggung hiburan yang tersebar, yakni di pintu sisi barat Monumen Nasional (Monas), depan Hotel Mandarin, depan Mal FX, dan depan Bendungan Hilir.

Dengan tidak adanya kendaraan bermotor pada malam pergantian tahun, maka kami harapkan hanya oksigen yang bisa dihisap

- Plt Gubernur DKI Sumarsono


Nah, kira-kira di pergantian tahun 2016 menuju 2017 ini berapa banyak sampah yang akan dihasilkan nanti ya?

Sampah

Sampah di TPA Talangagung (Foto: Antarafoto)




Tahun BaruMegapolitanCar free dayNews

500

Baca Lainnya