• 1

Bupati Tanggamus Ditahan KPK Terkait Korupsi Pengesahan APBD

Bupati Tanggamus Ditahan KPK Terkait Korupsi Pengesahan APBD



Jubir KPK Febri Diansyah

Jubir KPK Febri Diansyah (Foto: Wahyu Putro/ANTARA)
Bupati Tanggamus Lampung Bambang Kurniawan ditahan KPK terkait korupsi pengesahan APBD 2016. Penahanan dilakukan di Rumah Tahanan Negara Klas I Jakarta Timur Cabang KPK di Pomdan Jaya Guntur.
"Selama 20 hari terhitung mulai tanggal 22 Desember 2016 sampai dengan tanggal 10 Januari 2017," jelas juru bicara KPK Febri Diansyah dalam keterangannya, Kamis (22/12).
Bambang keluar dari KPK sekitar pukul 19.20 WIB, dan langsung dibawa dengan mobil tahanan ke Guntur. Dia memakai rompi oranye. Bambang merupakan Bupati Tanggamus periode 2013-2018.
Kasus ini bermula dari laporan beberapa anggota DPRD Tanggamus yang melapor gratifikasi ke KPK karena menerima uang kisaran Rp 30 juta. Uang itu diduga diberikan Bambang untuk pengesahan APBD. KPK yang mendapat laporan kemudian bergerak dan melakukan penyelidikan hingga terungkap kasus ini.
Informasi yang diperoleh, beberapa saksi masuk dalam perlindungan KPK. Ada dugaan intimidasi ke saksi-saksi. Tapi sayangnya Juru Bicara KPK Febri Diansyah yang dikonfirmasi hanya menjawab normatif.
"Kalau itu perlu saya cek dulu," tegas dia.
Bambang dijerat KPK dengan pasal 5 ayat 1 huruf a atau Pasal 5 ayat 1 huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Bambang terancam pidana lima tahun.



Tindak KorupsiKPKKorupsi

500

Baca Lainnya