• 1

Hasil Penggerebekan Teroris di 4 Lokasi: Tangsel Hingga Batam

Hasil Penggerebekan Teroris di 4 Lokasi: Tangsel Hingga Batam



Polisi Berjaga di Depan Rumah yang Digerebek

Polisi berjaga di lokasi penggerebekan. (Foto: Tatan Syuflana)
Mabes Polri serentak melakukan penggerebekan di empat lokasi di Tangerang Selatan (Tangsel) Banten, Deli Serdang Sumut, Batam Kepulauan Riau, dan Payakumbuh Sumatera Barat.
Kabag Penum Mabes Polri Kombes Martinus Sitompul memberi penjelasan mengenai serangkaian penangkapan di sejumlah wilayah ini.
"Total ada tujuh teroris yang ditangkap, tiga orang ditindak tegas karena melakukan perlawanan," ujar Martinus dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Rabu (21/12).
Berikut hasil penggerebekan teroris Densus 88 di empat lokasi:
1. Babakan, Setu, Tangerang Selatan
- 3 Pelaku teror tewas ditembak yakni Omen, Irwan, dan Helmi.
Ketiganya disergap karena melakukan perlawanan dengan melempar bom pipa ke Densus 88. Omen merupakan eks napi kasus pembunuhan yang direkrut kelompok teroris di Lapas Cipinang. Irwan dan Helmi berasal dari Tasikmalaya, bagian kelompok Jamaah Anshar Daulah yang terafiliasi ke ISIS.
- 1 Pelaku atas nama Adam ditangkap hidup
Polisi menyampaikan lokasi dan rumah kontrakan di Setu Tangerang Selatan didapatkan dari interogasi Adam. Polisi menangkap Adam lebih dahulu di jalan di Puri Serpong
- Barang bukti berupa bom pipa dengan bahan potassium nitrat, dan senjata api. Polisi masih melakukan evakuasi karena bom yang diperkirakan lebih dari lima.
2. Payakumbuh, Sumatera Barat
- Hamzah alias JT ditangkap hidup dan dibawa ke Den Brimob Padang.
Hamzah diduga terkait jaringan bom Solo, dia berperan membeli bahan peledak dan menjadi sumber pendanaan untuk kelompok Solo pimpinan Abu Zaid. Kelompok Abu Zaid ini pernah ditangkap Densus pada 2015.
3. Deli Serdang, Sumut
- Syafii ditangkap hidup. Dia tergabung dalam kelompok Katibah Gonggong Rebus pimpinan Gigih Rahmat dan terkoneksi dengan Bahrunnaim. Kelompok Katibah Gonggong Rebus ini ditangkap pada Agustus 2016 lalu. Nama Katibah Gonggong Rebus diambil dari nama makanan seafood di Batam.
Kelompok Katibah Gonggong Rebus berencana melakukan aksi dengan meroket Singapura
- Syafii diketahui menjalankan Rafiqa Travel milik Bahrunnaim dan juga membantu meloloskan dua WN China suku Uighur masuk ke Batam. Dia juga merekrut WNI untuk diberangkatkan ke Suriah
Syafii ditangkap tanpa perlawanan, dia dibawa ke Den Brimob Mapolda Sumut dan selanjutnya akan diterbangkan ke Jakarta
4. Batam, Kepulauan Riau
- HA alias Abisya ditangkap terkait kelompok Katibah Gonggong Rebus. Dia memiliki peran sama dengan tersangka teroris Syafii yang ditangkap di Deli Serdang.
- Abisya diketahui sudah melakukan baiat ke ISIS. Dia juga memiliki peran merekrut WNI untuk diberangkatkan ke Suriah


Densus 88BomBom TangselNews

500

Baca Lainnya