• 2

Hercules TNI AU yang Jatuh di Wamena Hibah dari Australia

Hercules TNI AU yang Jatuh di Wamena Hibah dari Australia



Pesawat Hercules milik TNI AU saat diserahterimakan dari RAAF Australia.

Pesawat Hercules milik TNI AU saat diserahterimakan dari RAAF Australia (8/2/2016). (Foto: RAAF Australia)

Pesawat Hercules C-130 milik TNI AU menabrak gunung dan jatuh di Wamena, Papua. 13 Anggota TNI meninggal dunia akibat musibah ini.
Peristiwa jatuhnya pesawat ini diketahui terjadi pukul 06.09 WIT, Minggu (18/12). Pesawat bernomor A-1334 ini merupakan hibah dari Angkatan Udara Australia.
"Pesawat A-1334 baru masuk ke jajaran TNI AU pada Februari lalu," ujar Wakasau TNI AU Marsekal Madya Hadiyan Sumintaatmadja pada konferensi pers yang diadakan di Halim Perdanakusumah.

Konpers jatuhnya Hercules C-130 di Halim Perdanakusuma

Wakasau Marsekal Madya TNI Hadiyan Sumintaatmadja (tengah) memberikan keterangan pers. (Foto: Sigid Kurniawan/ANTARA FOTO)


Pesawat tersebut terakhir kali menjalani pemeliharaan ringan (R3) juga masih pada Februari itu. Hingga saat ini, masih ada lima pesawat sejenis yang juga merupakan hibah dari Australia yang berada di Lanud Abdulrachman.
Pesawat angkut ini diketahui sedang melaksanakan misi navigation exercise (nevex) yang dikombinasikan dengan tugas melaksanakan dukungan pergeseran logistik untuk Pemda Papua.

Pesawat semestinya mendarat di Wamena pukul 06.13 WIT dan melanjutkan perjalanan menuju Jayapura-Wamena-Merauke-Wamena-Jayapura

- Wakasau Marsma Hadiyan


Pesawat A-1334 dipiloti oleh Mayor Pnb Marlon A Kawer dengan co-pilot Kapten Pnb J.Hotlan F Saragih dan navigator Lettu Nav Arif Fajar Prayogi terbang sari Lanud Timika Papua pada 05.35 WIT. Sebelum musibah terjadi, pada 06.02 WIT pesawat sempat kontak melalui radio dengan petugas tower di Wamena.

Pesawat HerculesPesawat JatuhPesawat Hercules Jatuh di Wamena

500

Baca Lainnya