• 1

Korelasi Gempa Chile 7,6 SR dan Gempa Terkuat di Dunia 9,5 SR

Korelasi Gempa Chile 7,6 SR dan Gempa Terkuat di Dunia 9,5 SR



Update Gempa Chile

Titik pusat gempa 7,6 SR yang melanda Chile. (Foto: USGS)
Gempa kembali mengguncang Chile. Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa itu berkekuatan 7,6 Skala Richter (SR).
Gempa itu terjadi pada Minggu (25/12) pukul 21.22.27 WIB di pesisir Los, Lagos, Chile, Amerika Selatan. Gempa terjadi di laut pada jarak 40 kilometer di arah barat daya Kota Puerto Quellon, Chile pada kedalaman 57 kilometer. Dilaporkan sejumlah bangunan mengalami kerusakan. Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa.
Peringatan dini tsunami dikeluarkan beberapa saat setelah gempa terjadi. Dan berdasarkan hasil observasi data pasang surut air laut, telah terdeteksi catatan tsunami dengan ketinggian 0,08 meter di Puerto Melinka. Sejauh ini gempa bumi itu tidak berdampak hingga wilayah Indonesia.
Namun menurut Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangan pers kepada kumparan, Senin (26/12), ada sebuah fakta menarik, di mana gempa Chile dengan kekuatan 7,6 SR itu terjadi pada area rekahan (rupture) gempa Valdivia 1960 dengan kekuatan 9,5 SR.
"Sebuah gempa dahsyat dengan magnitudo paling besar yang pernah tercatat dalam sejarah gempa dunia," beber Daryono.

Update gempa chile

Warga melihat jalan yang rusak setelah gempa melanda pulau Chiloe, Chile. (Foto: Alvaro Vidal/REUTERS)
Gempa Valdivia itu selain menewaskan ribuan orang, juga memicu tsunami dahsyat yang menerjang kawasan Pasifik, seperti Chili, Hawaii, Jepang, Filipina, Selandia Baru, Australia timur, dan Kepulauan Aleutian.
Gempa Valdivia itu terjadi pada 22 Mei 1960 siang hari. Tsunami merusak sepanjang Pantai Chile dengan gelombang mencapai 25 meter. Tsunami juga terjadi di Hawai, yang berjarak 10 ribu kilometer dari pusat gempa, dengan tinggi gelombang 10 meter. Ribuan orang tewas dan kerugian mencapai miliaran dollar Amerika Serikat.

NewsGempa 7,6 SR ChileGempa BumiGempa

500

Baca Lainnya