• 1

Menengok Taman Budaya Tionghoa di TMII, Lokasi Monumen Garuda

Menengok Taman Budaya Tionghoa di TMII, Lokasi Monumen Garuda



Taman Budaya Tionghoa

Plang Taman Budaya Tionghoa (Foto: Aprilandika Pratama/kumparan)
Bermula dari Monumen Garuda Pancasila. Monumen itu membetot perhatian karena tulisan Tionghoa di prasasti Pancasila itu. Isu liar beredar soal monumen itu. Belum lagi ditambahi bumbu-bumbu lainnya.
Kumparan pada Jumat (23/12) menyambangi Monumen Garuda Pancasila dan menemukan kalau lokasinya berada di area Taman Budaya Tionghoa Indonesia. Taman ini terletak di area TMII di wilayah Jakarta Timur.
Untuk menjangkau wilayah TMII ada beberapa alternatif, dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Dengan angkutan umum, dari Terminal Kampung Rambutan bisa menaiki angkutan umum nomor 19 dengan tujuan Taman Mini. Bila dengan kendaraan pribadi akan lebih mudah jangkauannya, bisa langsung menuju jalan tol pondok pinang dan keluar di tol lingkar timur arah TMII.

Taman Budaya Tionghoa Indonesia

Patung Guan Yu Taman Budaya Tionghoa Indonesia. (Foto: Aprilandika Pratama/kumparan)
Sampai di TMII akan dimintai tiket masuk, untuk roda empat Rp 10 ribu dan roda dua Rp 6 ribu, serta biaya masuk per orang Rp 15 ribu. Untuk ke Taman Budaya Tionghoa tinggal bertanya ke petugas loket dan akan di arahkan, ke arah belakang. Letak taman ini berada di samping pemancingan telaga Mina TMII dan dekat dengan museum minyak.
Gerbang Taman Budaya Tionghoa sangat jelas kentara. Ada dua pilar dengan patung kambing di depan gerbang. Ada juga hewan Kilin, hewan khas legenda Tionghoa. Taman ini dibangun pada 2004 di lahan seluas 4,5 hektar. Di depan taman dijelaskan dalam prasasti di sebuah batu, siapa saja yang menyumbang terwujudnya taman ini.

Taman Budaya Tionghoa

Patung Nurdin Basri Taman Budaya Tionghoa. (Foto: Aprilandika Pratama/kumparan)
Di taman ini terdapat aneka peninggalan yang menandakan kehadiran orang Tionghoa di Indonesia. Banyak patung tokoh Tionghoa, patung shio, ada juga perpustakaan Gus Dur.
Selain itu ada rumah perwakilan rumah Tionghoa dari berbagai daerah di Indonesia, juga bermacam marga Tionghoa di Indonesia dijelaskan dalam sebuah bagan.

Taman Budaya Tionghoa

Kata Mutiara yang tertulis di Taman Budaya Tionghoa. (Foto: Aprilandika Pratama/kumparan)
Taman ini memang belum terlalu dikenal publik, tak heran kalau pengunjungnya tak terlalu ramai. Namun karena isu yang tersebar di media sosial itulah, keberadaan taman ini mencuat. Tapi sebagai catatan, karena namanya taman Tionghoa, setiap tulisan di area taman ini tentunya ada tulisan Tionghoa.

NewsPolitikMonumen Garuda

500

Baca Lainnya