• 1

Polisi Beri Peringatan Keras: Ormas Jangan Coba-coba Sweeping Atribut Natal

Polisi Beri Peringatan Keras: Ormas Jangan Coba-coba Sweeping Atribut Natal



Natal

Natal (Foto: Pixabay)

Polri memberi peringatan keras. Tak boleh ada Ormas yang main hakim sendiri dengan melakukan sweeping atribut natal. Indonesia negara hukum, ada aparat kepolisian yang memiliki wewenang dalam penindakan.
Kepala Bagian Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Kombes (Pol) Rikwanto menegaskan penyisiran selain oleh polisi, merupakan bentuk tindakan di luar hukum.
"Untuk sweeping sama sekali tidak boleh. Kalau pun ada pengawasan di lapangan, itu bukan oleh ormas tetapi oleh pemerintah, aparat kepolisian. Jadi di luar itu tidak ada yang boleh lakukan kegiatan di luar hukum, seperti sweeping oleh ormas dan lain-lain," ujar Rikwanto di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (20/12).
Menurut Rikwanto, jika ada perusahaan yang memaksa pegawainya menggunakan atribut natal, masyarakat harus melapor ke kepolisian agar ditindaklanjuti. Masyarakat, lanjutnya, tak boleh melakukan tindakan penyisiran atas inisiatif sendiri.

Nanti yang bertindak (sweeping) kepolisian. Jadi bukan ormas atau pihak lain

- Kombes Rikwanto


Menurut dia, kepolisian akan mengambil tindakan tegas bila masih ada ormas yang memaksa melakukan penyisiran. Tindakan tersebut dapat berpotensi membuka celah pelanggaran hukum, seperti yang terjadi di Surabaya dan Solo beberapa waktu lalu.
"Bila masih ada kita akan tindak tegas," kata dia.

HukumNewsPolitikKepolisian RIMegapolitan

500

Baca Lainnya