• 3

Polisi Periksa Media Online Terkait Berita Serbuan Pekerja WN China

Polisi Periksa Media Online Terkait Berita Serbuan Pekerja WN China



Kombes Awi Setiyono

Kabag Mitra Ropenmas Divisi Humas Polri Kombes Awi Setiyono (Foto: Aldis Tannos/kumparan)
Isu serbuan pekerja WN China ramai disebar di media sosial. Beberapa akun di media sosial, baik di twitter maupun di facebook, yang memiliki jumlah pengikut banyak melansir sejumlah pemberitaan di situs yang mengaku media.
Dan rupanya, isu serbuan pekerja WN China ini dianggap meresahkan. Kabar itu disebut polisi sebagai berita bohong. Unit Cyber Crime Polda Metro Jaya dan Cyber Crime Mabes Polri bergerak. Sejumlah situs dan pemilik akun media sosial yang gencar melansir serbuan pekerja WN China diselidiki polisi.
"Kami masih dalam penyelidikan," jelas Direksus Bareskrim Polri Brigjen Agung Setya saat dikonfirmasi kumparan, Selasa (27/12).
Agung belum mau merinci, situs apa dan akun siapa di media sosial yang diselidiki.
Sedang menurut Kabag Mitra Mabes Polri Kombes Awi Setiyono, sejak 23 Desember lalu Subdit Cyber Crime Polda Metro Jaya sudah membuat laporan dan telah melaksanakan penyelidikan terkait isu hoax serbuan pekerja WN China.
"Ini masih proses pemeriksaan media-media online yang memberitakan, kemudian menulusuri sumber beritanya, menelusuri web dan medsos yang mengunggah berita hoax tersebut dan tentunya untuk mencari sumber berita pertama kali siapa yang mengunggah," jelas Awi.
Menurut dia, penyidik masih mengumpulkan bukti permulaan, kemudian kalau ada perbuatan pidana maka langkah selanjutnya dibuatkan laporan polisi untuk diproses.
"Perlu waktu menganalisa, banyak yang perlu ditelusuri di dunia maya, sampai ketemu pengunggah pertama," terang dia.
Pada akhir pekan lalu, Direktur Imigrasi Kemenkum HAM Ronny F Sompie dalam diskusi di Warung Daun, Cikini, Sabtu (24/12) menyaympaikan, total ada 1,4 juta WN China yang masuk ke Indonesia selama 2016. Hingga pertengahan Desember, sudah 1,4 juta lebih yang keluar dari Indonesia. WN China berlaku bebas visa selama 30 hari di Indonesia.
Imigrasi menjaga 130 pintu masuk Indonesia. Apabila ada WN China yang datang dan tidak memiliki alamat tujuan jelas serta alamat hotel tempat dia menginap akan ditolak masuk ke Indonesia.
Ronny juga mencatat ada 27 ribu WN China yang memiliki izin kartu izin tinggal terbatas (KITAS). KITAS adalah syarat bagi warga asing yang bekerja di Indonesia untuk bisa menetap di Indonesia.

NewsPolitikNasionalPekerja ChinaChina

500

Baca Lainnya