• 1

Siasat Imigrasi Bendung WN China Masuk ke RI dan Jadi Pekerja Ilegal

Siasat Imigrasi Bendung WN China Masuk ke RI dan Jadi Pekerja Ilegal




Diskusi Polemik

Diskusi tenaga kerja asing di Warung Daud (Foto: Kevin Kurnianto/kumparan)
Bebas visa warga negara China masuk ke Indonesia menimbulkan sejumlah dampak negatif. Salah satunya yang menjadi isu hangat dan diperbincangkan publik, munculnya pekerja ilegal asa negeri tirai bambu itu.
Beberapa pengungkapan sudah menjadi bukti, dari yang menjadi petani cabai di Bogor sampai ke pekerja di Kepulauan Maluku. Mencegah kasus ini semakin banyak terjadi, Imigasi melakukan pembendungan.
"Hampir 100% WN China masuk melalui jalur yang legal. Apabila penginapan atau hotel yang tak jelas dan ketidakjelasan ingin melakukan apa di indonesia, kita cegah," kata Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM Ronny F Sompie di sela diskusi di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (24/12).
Menurut Ronny, para pekerja China itu masuk memakai visa bebas kunjungan dan pemeriksaan menjadi kunci.
"Pencegahan bersama (TNI dan Polri-red) sudah dilakukan. Hal ini dapat meyakinkan kepercayaan menghapus kekhawatiran masyarakat," imbuh dia.
Ronny juga membeberkan, ada 131 pintu masuk bagi warga negara asing ke Indonesia, baik lewat pelabuhan, bandara, dan pos lintas batas dengan negara lain. Mereka yang diperbolehkan bekerja di Indonesia yang memang memiliki izin.
"Yang diperbolehkan bekerja di sini ya orang-orang yang tidak menggaggu ketertiban," tutup dia.


NewsPolitikChinaPekerja China

500

Baca Lainnya